Analisis Kesalahan Sintaksis dan Morfologis Karangan Bahasa Inggris Siswa SMA (RSBI) BOPKRI I Yogyakarta dan Implikasinya dalam Pembelajaran

Kristi, Mayang widhi pamulat (2014) Analisis Kesalahan Sintaksis dan Morfologis Karangan Bahasa Inggris Siswa SMA (RSBI) BOPKRI I Yogyakarta dan Implikasinya dalam Pembelajaran. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mayang-widhi-pamulat-kristi-11706251016.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan: (1) mendeskripsikan kesalahan sintaksis dan kesalahan morfologis pada karangan narrative, recount, dan procedure tulisan siswa kelas X SMA (RSBI) BOPKRI I Yogyakarta; dan (2) mendeskripsikan kemungkinan faktor penyebab kesalahan-kesalahan itu. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa dokumen karangan siswa kelas X SMA (RSBI) BOPKRI I Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 yang meliputi teks narrative, recount, dan procedure, baik dari siswa kelompok prestasi tinggi, sedang, maupun rendah. Data penelitian berupa kesalahan sintaksis dan morfologis serta faktor penyebabnya dalam karangan siswa. Data dikumpulkan melalui teknik baca, catat, dan wawancara. Teknik baca digunakan untuk mengamati dan menemukan kesalahan sintaksis dan morfologis pada ketiga jenis karangan itu; teknik catat digunakan untuk mendokumentasikan data; dan wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai faktor penyebab kesalahan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi dengan menerapkan prinsip intrarater dan interrater. Analisis data dilakukan melalui identifikasi, klasifikasi, dan evaluasi kesalahan dengan menggunakan model taksonomi kesalahan (Dulay, 1982) serta metode agih (distribusional) dan padan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa berprestasi tinggi dan sedang memiliki peluang kesalahan yang relatif sama, sedangkan siswa berprestasi rendah memiliki peluang kesalahan lebih tinggi; (2) kesalahan sintaksis yang paling dominan adalah kesalahan bentuk verba terkait dengan penggunaan sistem kala dan kesalahan morfologis yang paling dominan adalah penghilangan infleksi pada verba; (3) kesalahan yang sebaiknya mendapat prioritas utama perbaikan adalah kesalahan dengan frekuensi paling dominan serta kesalahan global yang berupa kesalahan susunan kata; (4) frekuensi kesalahan dalam ketiga karangan siswa cukup tinggi dan sering terjadi dua kesalahan atau lebih dalam satu kalimat; dan (5) yang menjadi penyebab kesalahan adalah faktor antarbahasa, yaitu interferensi, dan faktor intrabahasa, yaitu generalisasi berlebihan, pengabaian pembatasan B2, penerapan kaidah yang tidak sempurna, dan perumusan kaidah yang keliru. Implikasi hasil penelitian ini adalah (1) guru dapat menyusun rencana perbaikan atau remedial yang tepat berdasarkan jenis dan tingkat kesalahan yang dialami siswa, baik kesalahan lokal maupun global, serta (2) guru dapat menggunakan hasil analisis kesalahan ini sebagai rambu-rambu dalam memprediksi kesulitan belajar dan kesalahan berbahasa yang mungkin dialami siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, sintaksis, morfologis, implikasi, pembelajaran
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2015 02:42
Last Modified: 08 May 2019 15:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12034

Actions (login required)

View Item View Item