Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kelas Inklusif di SMP Ekakapti Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul

Wahyuningsih, Irawati (2014) Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kelas Inklusif di SMP Ekakapti Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-irawati-wahyuningsih- 12706259016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan cara guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Ekakapti Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, yang meliputi cara guru mempersiapkan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai pembelajaran, kesulitan guru dalam pembelajaran, dan upaya-upaya untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia di SMP Ekakapti Karangmojo dan objek penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kelas inklusif di SMP Ekakapti Karangmojo. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, analisis dokumen dan instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Keabsahan data hasil penelitian menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data kualitatif dengan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yang mencakup empat kegiatan utama, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) persiapan pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kelas inklusif dilakukan dengan menyusun program tahunan, program semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dimodifikasi; (2) pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan berbagai macam metode yang disesuaikan dengan materi dan situasi kelas; (3) penilaian pembelajaran lebih banyak dilakukan dalam bentuk tes tertulis untuk menilai kemampuan kognitif siswa. Penilaian pada anak berkebutuhan khusus (ABK) dilakukan dengan memberikan beberapa penyesuaian yaitu penyesuaian waktu, penyesuaian cara, dan penyesuaian isi/materi; (4) kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah kesulitan menyusun program pembelajaran Bahasa Indonesia, tidak sesuainya latar belakang pendidikan guru, kurang efektifnya jadwal pelajaran, terbatasnya sarana dan prasarana, dan kesulitan saat menyampaikan tugas atau soal-soal kepada ABK tunanetra, khususnya soal-soal tertulis dalam jumlah banyak; (5) upaya guru untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah menggunakan kurikulum yang telah dimodifikasi, terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada siswa, baik dalam hal penguasaan materi maupun penggunaan berbagai sumber dan metode pembelajaran, memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada, dan bekerja sama dengan guru pendamping khusus (GPK) untuk menerjemahkan tulisan Braille dari siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Bahasa Indonesia, kelas inklusif, anak berkebutuhan khusus
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2015 02:42
Last Modified: 21 Nov 2022 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12024

Actions (login required)

View Item View Item