Keefektifan Media Lagu dan Film dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Berbasis Pendidikan Karakter pada Siswa SMP

Lestari, Immawati fitri (2014) Keefektifan Media Lagu dan Film dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Berbasis Pendidikan Karakter pada Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-immawati-fitri-lestari-12706251027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki empat tujuan. Pertama, untuk menentukan perbedaan keefektifan antara media lagu, film, dan cerita pendek dalam pembelajaran menulis cerita pendek berbasis pendidikan karakter siswa SMP. Kedua, menentukan perbedaan keefektifan antara media lagu dan film dalam pembelajaran menulis cerita pendek berbasis pendidikan karakter siswa SMP. Ketiga, menentukan perbedaan keefektifan antara media lagu dan cerita pendek dalam pembelajaran menulis cerita pendek berbasis pendidikan karakter siswa SMP. Keempat, menentukan perbedaan keefektifan antara media film dan cerita pendek dalam pembelajaran menulis cerita pendek berbasis pendidikan karakter siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan Randomized Prates-Pascates Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wonosari, SMP Negeri 2 Wonosari, dan SMP Negeri 1 Karangmojo. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Wonosari, siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Wonosari, dan siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Karangmojo yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes berupa penugasan menulis cerita pendek. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman penilaian cerita pendek. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas expert judgmen. Teknik antarrater digunakan untuk menguji reliabilitas instrumen. Teknik analisis data menggunakan One Way Anova yang dilanjutkan Uji Scheffe dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan keefektifan pembelajaran dengan menggunakan media lagu, film, dan cerita pendek dalam pembelajaran menulis cerita pendek berbasis pendidikan karakter, dengan nilai F=14,598 dan sig(p) ≤ 0,05. Hasil Uji Scheffe menunjukkan (1) media film lebih efektif daripada media lagu dalam pembelajaran menulis cerita pendek berbasis pendidikan karakter, dengan mean difference sebesar 0,40455, dan sig (p) = ≤ 0,05; (2) media lagu lebih efektif daripada media cerita pendek dalam pembelajaran menulis cerita pendek berbasis pendidikan karakter, dengan nilai mean difference = 3,24545 dan sig (p) ≤ 0,05; (3) media film lebih efektif daripada media cerita pendek dalam pembelajaran menulis cerita pendek berbasis pendidikan karakter, dengan nilai mean difference = 3,65000 dan sig (p) ≤ 0,05; dan (4) media film paling efektif di antara ketiga media yang diteliti dalam pembelajaran menulis cerita pendek berbasis pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, lagu, film, cerita pendek, pendidikan karakter
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2015 02:42
Last Modified: 16 Nov 2022 08:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12023

Actions (login required)

View Item View Item