Interferensi Gramatikal Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia pada Karangan Hasil Pembelajaran Menulis Laporan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Magelang

Triyanto, Hanif (2014) Interferensi Gramatikal Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia pada Karangan Hasil Pembelajaran Menulis Laporan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hanif-triyanto-12706259044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk-bentuk interferensi morfologi bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia, (2) bentuk-bentuk interferensi sintaksis bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia, dan (3) faktor-faktor penyebab terjadinya interferensi morfologi dan sintaksis bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia pada karangan laporan perjalanan peserta didik kelas VIII SMP Negeri Potensial di Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah karangan hasil pembelajaran menulis laporan perjalanan peserta didik kelas VIII dari tiga SMP Negeri Potensial di Kabupaten Magelang tahun 2013/2014 yang berjumlah 77 karangan. Objek yang diteliti adalah bentuk-bentuk interferensi morfologi dan sintaksis bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia pada karangan laporan perjalanan beserta faktor-faktor penyebabnya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat. Angket digunakan untuk mengetahui fakror-faktor penyebab terjadinya interferensi morfologi dan sintaksis bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia. Data dianalisis menggunakan metode padan intralingual dengan teknik Hubung Banding Membedakan. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan pengamatan dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menemukan bentuk-bentuk interferensi morfologi bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia meliputi proses morfologis dan morfofonemis. Interferensi proses morfologis meliputi afiksasi dan reduplikasi. Interferensi proses morfofonemis berupa peluluhan fonem pada awal kata berprefiks {N-}. Interferensi sintaksis meliputi pola konstruksi frasa, penggunaan preposisi, konjungsi, dan partikel. Faktor penyebab terjadinya interferensi morfologi dan sintaksis bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia adalah faktor linguistik meliputi penguasaan B1, rendahnya penguasaan B2 dan faktor kedwibahasaan. Faktor nonlinguistik meliputi kebiasaan, lingkungan, sikap bahasa, motivasi, guru, dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: interferensi, morfologi, sintaksis, dan faktor penyebab
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2015 02:42
Last Modified: 24 Nov 2022 02:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12018

Actions (login required)

View Item View Item