Aspek Pendidikan Karakter Berperspektif Islami pada Novel-Novel Remaja Karya Tere Liye

Rusiana, Endang (2014) Aspek Pendidikan Karakter Berperspektif Islami pada Novel-Novel Remaja Karya Tere Liye. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-endang-rusiana-12706259018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Tujuan tersebut adalah untuk mendeskripsikan (1) kandungan aspek pendidikan karakter berperspektif islami dan (2) aspek fiksi yang digunakan untuk menyampaikan aspek pendidikan karakter yang terdapat dalam novel-novel remaja karya Tere Liye. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah lima novel remaja karya Tere Liye yang masing-masing berjudul (1) Hafalan Sholat Delisa, (2) Moga Bunda Di Sayang Allah, (3) Bidadari-Bidadari Surga, (4) Ayahku (Bukan) Pembohong, dan (5) Rembulan Tenggelam Di Wajahmu. Penentuan subjek dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik membaca dan mencatat yaitu aspek pendididikan karakter dalam novel-novel remaja dan aspek fiksi yang digunakan untuk menyampaikan aspek pendidikan karakter tersebut. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dilakukan dengan cara melakukan validitas semantik dan referensial, sedangkan reliabilitas data dilakukan dengan cara intrarater dan interrater. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Aspek pendidikan karakter dikelompokkan ke dalam lima hubungan karakter, yaitu nilai karakter yang terkait hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan diri sendiri, manusia dengan sesama, manusia dengan lingkungan, manusia dengan bangsa dan negara. Dari kelima hubungan karakter tersebut, hubungan karakter yang terkait antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan diri sendiri, dan manusia dengan sesama paling dominan ditemukan. Di lain pihak, hubungan karakter yang terkait antara manusia dengan lingkungan hanya sedikit dan hubungan karakter yang terkait antara manusia dengan bangsa dan negara tidak ditemukan. Dominannya hubungan karakter manusia dengan Tuhan, manusia dengan dirinya sendiri, dan manusia dengan sesama menyiratkan bahwa penulis novel ingin menekankan pada aspek manusia yang memiliki kehidupan pribadi yang religius dan kehidupan sosial. (2) Aspek fiksi yang digunakan untuk menyampaikan pendidikan karakter ada beberapa macam aspek, namun dari lima novel yang diteliti ini ditemukan lima jenis aspek fiksi yang digunakan untuk menyampaikan aspek pendidikan karakter yaitu penokohan, alur, tema, latar, dan moral. Aspek fiksi penokohan lebih dominan digunakan dalam lima novel remaja karya Tere Liye. Adapun aspek fiksi yang kurang dominan digunakan adalah aspek latar. Hal ini menyiratkan bahwa novel yang merupakan karya sastra yang di dalamnya memuat pesan moral dalam hal ini adalah pendidikan karakter untuk pembacanya, maka perlu disampaikan melalui aspek fiksi yang secara umum mudah dipahami oleh pembacanya yakni dalam hal ini melalui aspek penokohan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, berperspektif islami
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2015 02:42
Last Modified: 22 Nov 2022 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12010

Actions (login required)

View Item View Item