Membangun Pengetahuan Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

Tatang, Herman (2006) Membangun Pengetahuan Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. ISSN 979-99314-1-X

[img]
Preview
Text
PM - 39 Tatang Herman.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya penguasaan matematika siswa adalah guru tidak memberi kesempatan yang cukup kepada siswa untuk membangun sendiri pengetahuannya. Matematika dipelajari oleh kebanyakan siswa secara langsung dalam bentuk yang sudah jadi (formal), karena matematika dipandang oleh kebanyakan guru sebagai suatu proses yang prosedural dan mekanistis. Tulisan ini memaparkan bahwa matematika harus dipahami dan dimaknai siswa melalui pengkonstruksian pengetahuan oleh siswa sendiri, diantaranya melalui pembelajaran berbasis masalah. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, konstruktivisme, problem solving.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis masalah, konstruktivisme, problem solving
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional MIPA 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Feb 2015 07:09
Last Modified: 08 Mar 2019 06:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11994

Actions (login required)

View Item View Item