Tatang, Herman (2006) Membangun Pengetahuan Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. ISSN 979-99314-1-X
|
Text
PM - 39 Tatang Herman.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Salah satu penyebab rendahnya penguasaan matematika siswa adalah guru tidak memberi kesempatan yang cukup kepada siswa untuk membangun sendiri pengetahuannya. Matematika dipelajari oleh kebanyakan siswa secara langsung dalam bentuk yang sudah jadi (formal), karena matematika dipandang oleh kebanyakan guru sebagai suatu proses yang prosedural dan mekanistis. Tulisan ini memaparkan bahwa matematika harus dipahami dan dimaknai siswa melalui pengkonstruksian pengetahuan oleh siswa sendiri, diantaranya melalui pembelajaran berbasis masalah. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, konstruktivisme, problem solving.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis masalah, konstruktivisme, problem solving |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional MIPA 2006 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 13 Feb 2015 07:09 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 06:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11994 |
Actions (login required)
View Item |