Keterlaksanaan Kurikulum 2004 pada Bidang Studi Matematika SMP di Kabupaten Bantul Ditinjau dari Aspek Pembelajaran dan Penilaiannya

Sugiyono and Ali, Mahmudi and Yani, Nuryani (2006) Keterlaksanaan Kurikulum 2004 pada Bidang Studi Matematika SMP di Kabupaten Bantul Ditinjau dari Aspek Pembelajaran dan Penilaiannya. Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. ISSN 979-99314-1-X

[img]
Preview
Text
PM - 23 Sugiyono, dkk.pdf

Download (60kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan kurikulum 2004 ditinjau dari aspek kegiatan Pembelajaran dan Penilaiannuya untuk Bidang Studi Matematika SMP khususnya di Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian expose facto sehingga peneliti tidak memberi perlakuan kepada subjek penelitian. Data diambil dengan metode observasi, angket, dan wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini mengambil sample 10 SMP negeri di Kabupaten Bantul dengan 3 macam kategori peringkat sekolah : tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) Keterlaksanaan Kurikulum Matematika SMP 2004 ditinjau dari aspek kegiatan pembelajaran, khususnya di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, dapat dikatakan belum terlaksana dengan baik (i) kelengkapan perangkat pembelajaran 34,41%, Pengeloloaan pembelajaran 62,1%, aktivitas siswa 62,27% tanggapan positif siswa 97,4%. (2) Sebanyak 90 % guru SMP Negeri di Kabupaten Bantul melaksanakan penilaian sesuai Kurikulum 2004, tetapi penilaian tersebut belum terlaksana dengan baik, (3) Kendala yang dihadapi guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran khususnya yang berpusat pada siswa (a.) Kemampuan akademik siswa yang rendah. ( b). Kurangnya ketersediaan waktu bagi guru © Belum terbentukny akemandirian belajar siswa (d) Kurang adanya motivasi dari siswa Kata Kunci. : Kurikulum 2004, Aspek Pembelajaran, aspek Penilaian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2004, Aspek Pembelajaran, aspek Penilaian
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional MIPA 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Feb 2015 07:09
Last Modified: 08 Mar 2019 06:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11993

Actions (login required)

View Item View Item