Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Assisted Individualization (TAI) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman untuk Menemukan Gagasan Utama pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Gedangsari Gunungkidul

Hadi, Effy Zuliani (2014) Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Assisted Individualization (TAI) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman untuk Menemukan Gagasan Utama pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Gedangsari Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-effy-zuliani-hadi-12706259007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Metode pembelajaran Kooperatif tipe Team-Assisted Individualization (TAI) belum diketahui keefektifannya dalam pembelajaran membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan metode pembelajaran Kooperatif tipe TAI; (2) perbedaan keefektifan metode Kooperatif tipe TAI dan metode konvensional; (3) metode pembelajaran yang lebih efektif antara metode Kooperatif tipe TAI dan metode konvensional dalam pembelajaran membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Data yang berupa hasil tes membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama diperoleh dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan metode Kooperatif tipe TAI dan kelompok kontrol menggunakan motode konvensional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gedangsari Gunungkidul. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIID yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian berupa tes objektif membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama. Instrumen telah diujicobakan pada siswa kelas IX dengan alpha 0,864. Analisis data menggunakan teknik uji-t dengan taraf signifikansi 0,05 dan untuk menunjukkan keefektifan metode digunakan uji-t nilai gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode Kooperatif tipe TAI efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama (sig.(p) = 0,00<0,05); (2) terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara metode konvensional dengan metode Kooperatif tipe TAI (sig. (p) = 0,01<0,05); (3) metode Kooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam pembelajaran membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama tetapi tidak signifikan (sig.(p) = 0,07>0,05). Hal itu juga dibuktikan dengan skor gain ternormalisasi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Skor gain ternormalisasi kelas eksperimen adalah g = 0,393 atau masuk kategori sedang dan pada kelas kontrol g = 0,249 atau masuk kategori rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Team-Assisted Individualization (TAI), membaca pemahaman, gagasan utama
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jan 2015 07:10
Last Modified: 16 Nov 2022 08:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11991

Actions (login required)

View Item View Item