Keefektifan Peggunaan CIRC dan CTL dalam Pengajaran dan Pembelajaran Pemahaman Bacaan pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pecangaan

Ismawati, Dian (2014) Keefektifan Peggunaan CIRC dan CTL dalam Pengajaran dan Pembelajaran Pemahaman Bacaan pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pecangaan. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-dian-ismawati.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keefektifan penggunaan teknik CIRC dan CTL dibandingkan dengan teknik konvensional BSD. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk membuktikan teknik manakah yang lebih efektif – CIRC, CTL, atau konvensional BSD – dalam pembelajaran pemahaman bacaan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Pecangaan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest with nonequivalent group design. Terdapat dua variabel yang terlibat, yaitu teknik yang digunakan dalam pembelajaran reading comprehension sebagai variabel bebas dan kemampuan pemahaman bacaan sebagai veriabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Pecangaan dengan sampel sebanyak tiga kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik tes, yaitu reading comprehension test. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes soal bentuk pilihan ganda. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi yang dilakukan dengan konsultasi ahli dilanjutkan dengan analisis butir soal menggunakan Iteman versi 3.0 dan penghitungan Alpha Cronbach untuk mengetahui reliabilitas instrument, yaitu sebesar 0.852. Teknik analisis data yang digunakan adalah One-Way Anova yang dilanjutkan dengan uji Scheffe dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan mean antara teknik CIRC, CTL, dan konvensional berturut-turut adalah 14.53, 7.53, dan 7.00 dengan nilai Fhitung sebesar 12.296 > Ftabel 3.12. Terbukti pula bahwa CIRC merupakan teknik yang paling efektif diantara ketiga teknik tersebut dengan urutan keefektifan yaitu teknik CIRC diikuti oleh CTL dan konvensional BSD dalam pembelajaran pemahaman bacaan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Pecangaan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:50
Last Modified: 08 May 2019 15:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11981

Actions (login required)

View Item View Item