Peningkatan Proses Belajar Mengajar Keterampilan Berbicara bagi Siswa Kelas VIII SMPN 3 Cilacap Tahun Pelajaran 2013/2014

Purnami, Chatarina heny eka (2014) Peningkatan Proses Belajar Mengajar Keterampilan Berbicara bagi Siswa Kelas VIII SMPN 3 Cilacap Tahun Pelajaran 2013/2014. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-chatarina-heny-eka-purnami-12706259033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMPN 3 Cilacap tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini diselenggarakan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan siklis tindakan kelas yang dimodifikasi oleh Madya dari Burns. Desainnya terdiri dari: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Permainan bersama dengan beberapa aktifitas pendukung seperti penggunaan kelas berbahasa Inggris, menggunakan media pengajaran yang bervariasi dan menarik, memberikan pronunciation drills sebelum implementasi permainan, melaksanakan kerja kelompok, memberikan umpan balik dan penghargaan terhadap hasil unjuk kerja siswa, dilaksanakan dalam penelitian ini.Data dalam penelitian ini terdiri dari kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, rating, rekaman video/audio dan tes unjuk kerja. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis data interaktif yang terdiri dari: mengumpulkan data, pengkodean data, membandingkan data, membuat interpretasi dan melaporkan hasilnya. Sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan yang dilaksanakan sesuai prosedur yang meliputi:pendahuluan, pelaksanaan permainan dan penutupan, serta dilaksanakan bersamaan dengan beberapa aktifitas pendukung, mampu meningkatkan proses belajar mengajar keterampilan berbicara. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, implementasi permainan bersama dengan penggunaan kelas berbahasa Inggris dapat mengurangi kesalahan interferensi dari bahasa asli, mendorong inisiatif siswa untuk berbicara, memberikan banyak kesempatan siswa untuk berbicara sesering mungkin, dan mendorong siswa untuk lebih berfokus pada kelancaran berbicara. Kedua, pemberian pronunciation drills sebelum permainan membuat siswa menjadi lebih percaya diri. Ketiga, penggunaan media, pemberian umpan balik dan penghargaan dapat meningkatkan partisipasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran, Keempat, pelaksanaan kerja kelompok dalam permainan dapat mengurangi dominasi siswa di kelas. Peningkatan ini menyebabkan peningkatan pada kemampuan berbicara siswa. Hasil performance test sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 63.39, dan hasil performance test setelah dilakukan tindakan, nilai rata-rata kelas 81.64. Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan berbicara siswa sebesar 28.77%. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa sebelum dan setelah pembelajaran dengan menggunakan permainan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, permainan, kelas berbahasa Inggris, media, drilling, kerja kelompok, umpan balik, penghargaan
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:50
Last Modified: 17 Nov 2022 04:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11978

Actions (login required)

View Item View Item