Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Pengetahuan Grammar terhadap Kemampuan Menulis Teks Naratif Mahasiswa ,Universitas di Flores

Utami, Beti Rahmasari (2014) Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Pengetahuan Grammar terhadap Kemampuan Menulis Teks Naratif Mahasiswa ,Universitas di Flores. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-beti-rahmasari-utami-12706251020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh(1) kebiasaan membaca terhadap kemampuan menulis texts naratif, dan (2) dan pengetahuan grammar terhadap kemampuan menulis teks naratif, dan(3) pengaruh kebiasaan membaca dan pengetahuan grammar terhadap kemampuan menulis teks naratif. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto, melibatkan dua variable bebas dan satu variable terikat. Kebiasaan membaca adalah variable bebas pertama (X1) dan pengetahuan grammar adalah variable bebas kedua (X2). Menulis tekts narrative adalah variable terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester tiga program studi bahasa inggris tahun ajaran 2013/2014. Sampel terdiri dari 55 siswa yang ditetapkan dengan menggunakan sampel semu. Data diperloleh melalui angket kebiasaan membaca, uji pengetahuan grammar dan menulis tekts narratif. Analisis prasarat dilakukan sebelum analisis regresi ganda. Dari hasil analysis regresi menunjukan bahwa variable X1 dan X2 secara bersama-sama berpengaruh signifikan pada kemampuan siswa dalam menulis text naratif. Secara bersama ditunjukan oleh Fhitung sebesar 35.073 dengan p ≤ 0.05 dan secara independen ditunjukan olehThitung X1=5.458 dengan p ≤ 0.05 dan T-hitung X2= 6.245 dengan p ≤ 0.05. Pengaruh reading habit dan pengetahuan grammar terhadap menulis tekts naratif adalah = 57.4%. Mengacu pada temuan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan membaca berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis tekts naratif (β = 0.745, p < 0.05), pengetahuan grammar berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis tekts naratif(β = 1.304,p =< 0.05), dan kebiasaan membaca dan pengetahuan grammar berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis tekts naratif (R²=0574, F-hitung=35.073, p ˂ 0.05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, bahasa Jawa ragamkrama, model SAVI
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:50
Last Modified: 24 Nov 2022 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11976

Actions (login required)

View Item View Item