Perbedaan Keefektifan Foto dan Lagu Berbasis Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Naratif Siswa SMP Negeri di Kabupaten Lombok Timur

Milandari, Baiq desi (2014) Perbedaan Keefektifan Foto dan Lagu Berbasis Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Naratif Siswa SMP Negeri di Kabupaten Lombok Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-baiq-desi-milandari-12706251022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Tujuan tersebut yaitu, (1) untuk mengetahui perbedaan keefektifan secara signifikan antara foto berbasis lingkungan sebagai media pembelajaran, lagu berbasis lingkungan, dan tanpa menggunakan media dalam pembelajaran menulis teks naratif, dan (2) untuk mengetahui apakah foto berbasis lingkungan lebih efektif sebagai media pembelajaran daripada lagu berbasis lingkungan dan tanpa menggunakan media dalam pembelajaran menulis teks naratif. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik SMP Negeri kelas VII di Kabupaten Lombok Timur yang telah menerapkan kurikulum 2013. Sampel penelitian yakni kelas VII B SMP Negeri 3 Terara, VII C SMP Negeri 1 Terara, dan VII D SMP Negeri 1 Terara yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Kelas VII B SMP Negeri 3 sebagai kelompok eksperimen I, kelas VII C dan VII D SMP Negeri 1 Terara sebagai kelompok eksperimen II dan kontrol. Data dikumpulkan melalui tes penugasan menulis teks naratif. Data dianalisis menggunakan uji Anava satu jalur (one way anova) yang dilanjutkan dengan uji Scheffe menggunakan SPSS 16.0 for windows. Penelitian ini menghasilkan dua kesimpuln. Pertama, ada perbedaan keefektifan secara signifikan antara foto berbasis lingkungan, lagu berbasis lingkungan, dan tanpa menggunakan media dalam pembelajaran menulis teks naratif, dengan F = 13,444 dan p < 0,05. Kedua, foto berbasis lingkungan lebih efektif sebagai media pembelajaran daripada lagu berbasis lingkungan dan tanpa menggunakan media dalam pembelajaran menulis teks naratif dengan mean difference 7,181 dan sig 0,042 < 0,05 antara foto dan lagu berbasis lingkungan, mean difference 14,126 dan sig < 0,05 antara foto berbasis lingkungan dan tanpa menggunakan media dalam pembelajaran menulis naratif, dan mean difference 6,945 dan sig 0,029 < 0,05 antara lagu berbasis lingkungan dan tanpa menggunakan media dalam pembelajaran menulis teks naratif pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Lombok Timur.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: foto berbasis lingkungan, lagu berbasis lingkungan, menulis teks naratif
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:50
Last Modified: 17 Nov 2022 03:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11975

Actions (login required)

View Item View Item