Analisis Kesalahan Bahasa dalam Menulis Surat Dinas oleh Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014

Suwarti, Anis (2014) Analisis Kesalahan Bahasa dalam Menulis Surat Dinas oleh Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anis-suwarti-12706259048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, menglasifikasi, dan mendeskripsikan, kesalahan kebahasaan pada surat dinas yang ditulis oleh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kedawung Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2013/2014. Kesalahan meliputi (1) kesalahan penggunaan ejaan, (2) kesalahan penggunaan diksi, dan (3) kesalahan penggunaan kalimat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah naskah surat dinas yang ditulis oleh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kedawung Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2013/2014, sebanyak 128 surat. Objek dalam penelitian ini adalah kesalahan penerapan aspek bahasa pada naskah surat dinas yang ditulis oleh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kedawung Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2013/2014, dan solusi untuk meminimalkan kesalahan bahasa. Teknik untuk pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan cara dibaca, diidentifikasi, digarisbawahi, dan dikelompokkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. Pertama, kesalahan ejaan dalam surat dinas yang ditulis oleh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kedawung Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2013/2014, sebanyak 651, yaitu kesalahan penulisan kata kekurangan huruf ada 31, kesalahan penulisan kata kelebihan huruf ada 2, kesalahan penulisan kata karena disingkat ada 44, kesalahan penulisan kata karena dipisah ada 22, kesalahan penulisan akronim ada 31, kesalahan penulisan kata depan ada 15, kesalahan penulisan kata karena dirangkai ada 9, kesalahan penggunaan huruf kecil ada 72, kesalahan penggunaan huruf kapital ada 345, kesalahan pemakaian tanda titik ada 39, kesalahan pemakaian tanda koma ada 12, kesalahan pemakaian tanda hubung ada 6, dan kesalahan pemakaian tanda titik dua ada 3. Kedua, kesalahan penggunaan diksi ada 33, terdiri dari ketidakbakuan penggunaan diksi ada 3, ketidakkonsistenan penggunaan diksi 11, ketidaktepatan penggunaan diksi ada 12, dan kemubaziran 7. Ketiga, kesalahan penggunaan kalimat ada 20 terdiri dari: pemakaian kata penghubung ada 4, kekurangan kata dalam kalimat ada 13, dan ketidaklogisan kalimat ada 3. Keempat, solusi yang dapat diterapkan untuk meminimalkan kesalahan kebahasaan adalah mengajarkan cara-cara menulis surat, kaidah-kaidah bahasa tulis, pedoman umum ejaan yang disempurnakan kepada peserta didik kelas VIII serta pembuatan contoh surat dinas yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis, kesalahan bahasa, surat dinas
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:49
Last Modified: 24 Nov 2022 02:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11970

Actions (login required)

View Item View Item