KESANTUNAN BERBAHASA DALAM BUKU AJAR BAHASA INDONESIA TATARAN UNGGUL: UNTUK SMA DAN MAK KELAS XII KARANGAN YUSTINAH DAN AHMAD ISKAK

Anam, Atflalul (2012) KESANTUNAN BERBAHASA DALAM BUKU AJAR BAHASA INDONESIA TATARAN UNGGUL: UNTUK SMA DAN MAK KELAS XII KARANGAN YUSTINAH DAN AHMAD ISKAK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Atfalul_Anam_07201241006.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aspek kesantunan berbahasa memiliki peran penting dalam kemampuan berbahsa siswa. Buku ajar sebagai sumber materi pembelajaran memiliki peran penting dalam membentuk sikap kesantunan berbahasa siswa. Oleh karena itu perlu diperhatikan aspek kesantunan dan tingkat kesantunan berbahasa dalam buku ajar kesantunan berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dan penyimpangan prinsip kesantunan yang terdapat dalam buku ajar Bahasa Indonesia untuk SMK/MAK kelas XII karangan Dra. Yustinah, M.Pd. dan Ahmad Iskak, S.Pd., M.Pd. terbitan Erlangga. Metode yang digunakan dalam penelitian Kesantunan Berbahasa dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia Tataran Unggul untuk SMK dan MAK Kelas XII Karangan Yustinah dan Ahmad Iskak adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan adalah baca dan catat. Analisis data menggunakan teknik padan pragmatik. Penentuan tingkat kesantunan dilakukan dengan melihat kecenderungan kesantunan tuturan yang terdapat pada buku tersebut. Kesantunan tuturan diukur dengan proporsi penyimpangan maksim kesantunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar Bahasa Indonesia untuk SMK/MAK kelas XII karangan Dra. Yustinah, M.Pd. dan Ahmad Iskak, S.Pd., M.Pd. sangat santun. Penyimpangan prinsip kesantunan dalam buku ajar Bahasa Indonesia Tataran Unggul untuk SMK dan MAK Kelas XII berupa penyimpangan satu maksim dalam satu kalimat seperti penyimpangan maksim kearifan, penyimpangan maksim pujian, dan penyimpangan maksim kesepakatan. Terdapat pula penyimpangan dua maksim dalam satu kalimat seperti penyimpangan maksim kearifan dan maksim kesepakatan, dan penyimpangan maksim pujian dan maksim kesepakatan, dan terdapat penyimpangan tiga maksim sekaligus dalam satu kalimat yaitu penyimpangan maksim kearifan, maksim pujian, dan maksim kesepakatan. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan kesantunan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kata kunci : kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan, buku ajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:31
Last Modified: 31 Jan 2019 13:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1197

Actions (login required)

View Item View Item