METODE PENDIDIKAN EMPATI UNTUK MENGEMBANGKAN KECAKAPAN SOSIAL (SOCIAL SKILL) ANAK

Ali, Muhtadi (2006) METODE PENDIDIKAN EMPATI UNTUK MENGEMBANGKAN KECAKAPAN SOSIAL (SOCIAL SKILL) ANAK. Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. ISSN 979-99314-1-X

[img]
Preview
Text
Maklah Ali Muhtadi. Pend. FIP UNY.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Kecakapan sosial (social skilll) merupakan salah satu bagian penting dari kecakapan hidup seseorang untuk mencapai kesuksesan hidup di tengah-tengah kehidupan sosial. Kesuksesan hidup yang dimaksud adalah kemampuan untuk hidup secara harmonis dengan siapa saja dan apa saja yang ada dalam lingkungan kehidupan sosial. Salah satu cara untuk mengembangkan kecakapan sosial seseorang adalah dengan cara mengembangkan dan menumbuhkan empati anak sejak usia dini. Dengan tumbuh dan berkembangnya empati pada anak sejak dini akan berpengaruh pada kecakapan sosial anak saat dewasa nanti. Menurut Goleman (1997), akar empati sudah ada pada seseorang sejak mereka masih bayi atau sejak mereka lahir. Perkembangan empati anak ketika masih bayi sangat dipengaruhi setala ibu terhadap bayinya. Ketidak-adaan setala antara orang tua dengan anaknya akan merugikan emosi anak dan dapat menumpulkan empati anak. Pada pendidikan sekolah, penyetalaan dapat dilakukan guru dengan melakukan sinkronisasi emosi dengan anak didiknya. Empati dapat ditumbuhkan dan dikembangkan pada anak dengan berbagai pendekatan antara lain: keteladanan, kisah/cerita moral, penggunaan kata-kata verbal, pengalaman langsung, kebersamaan bermain, dan pembiasaan.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional MIPA 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 03 Feb 2015 00:41
Last Modified: 05 Mar 2019 04:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11962

Actions (login required)

View Item View Item