MPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MENINGKATKAN PRODUKSI PANGAN MELALUI HIDROPONIK

Iis Siti, Aisyah and Mimin Nurjhani, K. (2006) MPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MENINGKATKAN PRODUKSI PANGAN MELALUI HIDROPONIK. Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. ISSN 979-99314-1-X

[img]
Preview
Text
Makalah_Mimin_dan_Iis_UPI.pdf

Download (120kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penerapan model pembelajaran dengan topik meningkatkan produksi pangan secara hidroponik ,untuk siswa kelas 3 SMP, ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan lesson study . Kegiatan lesson study merupakan program kerjasama antara guru dengan guru serta antara guru dengan perguruan tinggi. Tujuan dari kegiatan lesson study yang utama adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Biologi melalui tukar pengalaman antar sesama guru maupun dengan pihak lain seperti perguruan tinggi. Tujuan lainnya adalah untuk menemukan dan menerapkan ide-ide baru dalam mengajarkan suatu konsep tertentu yang selama ini dianggap sulit atau yang perlu diperbarui penyampaiannya kepada siswa karena kurikulumnya berubah. Topik meningkatkan produksi pangan secara hidroponik dipilih karena topik ini memungkinkan untuk digunakan sebagai wahana untuk melatihkan hampir semua keterampilan bekerja ilmiah. Jika siswa kelas Penerapan model ini diawali dengan tahap persiapan, dilanjutkan dengan tahap uji coba sebelum tahap penerapan di kelas, dan diakhiri dengan tahap refleksi. Pada tahap persiapan, didiskusikan media pembelajaran yang akan digunakan serta scenario pembelajaran.Tahap persiapan melibatkan guru didampingi oleh tim dosen dari UPI sebagai perguruan tinggi mitra. Hasil diskusi berupa penentuan alat dan bahan serta skenario pembelajaran secara umum. Tahap selanjutnya adalah melakukan uji coba di kelas tertentu. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa penggunaan beberapa jenis medium, dan beberapa jenis tanaman menyulitkan guru untuk melatih siswa mengendalikan variable. Selain itu, jenis tanaman yang berbeda juga menyulitkan guru mencari tempat penyimpanan . Akhirnya diputuskan pada saat implementasi siswa diminta menyiapkan beberapa jenis medium menggunakan satu jenis nutrisi dan satu jenis tanaman yang akan dikultur yaitu cabe untuk memudahkan siswa mengendalikan variable percobaan. Demikian juga pada scenario pembelajaran ada beberapa aspek yang mengalami perbaikan. Pelaksanaan implementasi di kelas dihadiri oleh beberapa pihak yaitu : kepala sekolah dan guru satu sekolah, mahasiswa praktikan PPL dari semua jurusan, dekan FPMIPA UPI beserta ketua jurusan dan dosen, serta tamu dari luar negeri yaitu dari Jepang dan beberapa negara Afrika. Hasil implementasi di kelas menunjukkan bahwa siswa dapat merakit alat dan bahan dengan baik, sifat hands on pada kegiatan pembelajaran muncul dan teramati dengan jelas pada siswa, interaksi antara siswa dengan media pembelajaran berlangsung baik, interaksi antara siswa dengan siswa maupun dengan guru juga berlangsung dengan baik. Setelah implementasi dilaksanakan post class discussion yang menghasilkan beberapa saran, antara lain guru sebaiknya menyampaikan tujuan kegiatan dan berapa lama kegiatan akan berakhir, selain itu masih ada siswa yang belum mengerti arti pengendalian variable tapi kurang terperhatikan oleh guru. Kata Kunci : lesson study , refleksi, hands-on

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: lesson study , refleksi, hands-on
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional MIPA 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 03 Feb 2015 00:41
Last Modified: 05 Mar 2019 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11960

Actions (login required)

View Item View Item