Eko Sri, Sulasmi and Sri Rahayu, Lestari (2006) HASIL MONITORING DAN EVALUASI KEGIATAN PILOTING DAN LESSON STUDY PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH KOTA MALANG. Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. ISSN 979-99314-1-X
|
Text
Makalah_Eko_Sulasmi_Bio_UM.pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
Pengembangan bidang ilmu dasar (MIPA), mutlak diperlukan untuk pengem- bangan IPTEK, oleh karena itu penelitian bidang MIPA dan Pendidikan MIPA terus dilakukan. Salah satu upaya untuk meningkatkan keprofesionalan guru serta meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran dalam bidang MIPA, khususnya Biologi, yaitu melalui kegiatan Piloting dan Lesson study di sekolah, khususnya di sekolah menengah. Untuk mengetahui dampak kegiatan tersebut terhadap guru maupun siswa, diperlukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut. Kegiatan Piloting dan Lesson study merupakan kegiatan kolaborasi antara FMIPA Universitas Negeri Malang dengan sekolah menengah di Malang yang merupakan bagian dari program IMSTEP. Adapun sekolah yang berkolaborasi adalah SMP Lab - UM, SMPN 4, SMA Lab – UM dan SMAN 2 Malang. Kelas yang digunakan untuk kegiatan ini adalah kelas VII dan kelas kelas X. Kegiatan piloting dilakukan sebanyak 3 kali, sedangkan lesson study sebanyak 1 kali selama semester genap 2005/2006. Setelah selesai kegiatan piloting dan lesson study dilakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswa. Disamping itu, diberikan angket kepada siswa untuk mengetahui pendapat siswa mengenai dampak kegiatan tersebut. Monitoring dan evaluasi dilakukan selama kegiatan piloting dan lesson study berlangsung. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan piloting dan lesson study di sekolah menengah menunjukkan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan keprofesionalan guru serta meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran dalam mata pelajaran biologi. Guru lebih inovatif dan lebih bersungguh-sungguh dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Hal ini didukung oleh meningkatnya hasil belajar siswa, sebanyak 72% s/d 97% siswa mendapatkan skor tes lebih besar dari 60. Berdasarkan hasil angket siswa, pelajaran Biologi sangat menyenangkan, guru lebih peduli dan perhatian terhadap siswa, sajian pembelajaran lebih bervariasi sehingga dapat meningkatkan: peran aktif, kemauan belajar, minat baca, rasa bersaing antar siswa, akibatnya prestasi hasil belajar juga meningkat. Disamping itu, kebanyakan siswa (99%) mengiginkan kegiatan piloting dan lesson study dapat diterapkan untuk semua mata pelajaran. Bagi guru kegiatan ini merupakan wahana untuk saling bertukar informasi dan saling melengkapi berbagai strategi pembelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas yang nantinya dapat berdampak terhadap kualitas hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional MIPA 2006 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 03 Feb 2015 00:41 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 04:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11959 |
Actions (login required)
View Item |