PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KONSEP PLANTAE DENGAN PEMANFAATAN KEBUN RAYA PURWODADI BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Husnul, Chotimah (2006) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KONSEP PLANTAE DENGAN PEMANFAATAN KEBUN RAYA PURWODADI BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG. Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. ISSN 979-99314-1-X

[img]
Preview
Text
Makalah Husnul Chotimah SMA Lab UM.pdf

Download (79kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Salah satu kompetensi dasar yang dikembangkan bagi peserta didik kelas X SMA ialah “ mampu mendiskripsikan dan mengkomunikasikan ciri-ciri Kingdom Plantae dan peranannya bagi kehidupan”. Kingdom plantae meliputi: tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan berbiji terbuka, dan tumbuhan berbiji tertutup. Kecuali tumbuhan lumut, ketiga jenis tumbuhan yang lain merupakan kekayaan yang terdapat di Kebun Raya Purwodadi. Kompetensi dasar tersebut di atas dikembangkan bagi peserta didik kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang (SMA LAB UM) melalui penerapan Problem Based Learning (PBL). Pembelajaran konsep tumbuhan dengan memanfaatkan Kebun Raya Purwodadi dilaksanakan tanggal 18 Maret 2006 Tumbuhan yang beraneka ragam di Kebun raya Purwodadi dijadikan pemicu masalah, tumbuhan paku, tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup digunakan peserta didik dalam pengumpulan data, petugas Kebun Raya Purwodadi berperan sebagai sumber informasi bagi peserta didik, selama peserta didik melaksanakan kerja kelompok dalam kegiatan pengumpulan informasi. Presentasi hasil kerja peserta didik dilakukan di sekolah. Guru berperan sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran. Peserta didik mampu mendeskripsikan ciri-ciri tumbuhan paku, tumbuhan berbiji terbuka, dan tumbuhan berbiji tertutup serta manfaatnya bagi kehidupan. Peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik juga belajar melakukan kegiatan secara kooperatif. Peserta didik belajar mengkomunikasikan hasilnya. Peserta didik belajar menghadapi masalah dan mengungkapkan berbagai alternatif pemecahannya, khususnya terkait dengan konsep plantae. Pembelajaran dengan memanfatkan Kebun Raya Purwodadi dapat digunakan guru dalam penerapan PBL yang berarti juga pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Motivasi belajar peserta didik tinggi, perhatian peserta didik selama pembelajaran terpelihara, kegiatan pembelajaran terkait kehidupan nyata peserta didik, dan peserta didik belajar dalam suasana gembira. Penerapan PBL dengan memanfaatkan Kebun Raya Purwodadi dapat dilakukan untuk mengembangkan kompetensi dasar mendeskripsikan dan mengkomunikasikan ciri-ciri Kingdom Plantae dan peranannya bagi kehidupan, khusunya yang terkait dengan tumbuhan paku, tumbuhan berbiji terbuka, dan tumbuhan berbiji tertutup bagi peserta didik kelas X SMA LAB UM. Kata-kata Kunci: Problem Based Learning, Plantae, Kebun Raya Purwodadi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Plantae, Kebun Raya Purwodadi
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional MIPA 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 03 Feb 2015 00:41
Last Modified: 05 Mar 2019 04:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11958

Actions (login required)

View Item View Item