IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (Model Charles R. Barman) PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMP LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Susriyati, Mahanal and Soewolo and Yayuk, Prihatnawati (2006) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (Model Charles R. Barman) PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMP LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG. Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. ISSN 979-99314-1-X

[img]
Preview
Text
Makalah 2 Susriati Bio.UM.pdf

Download (104kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Kegiatan piloting biologi yang disponsori proyek IMSTEP JICA bekerja sama FMIPA UM diarahkan pada perbaikan cara mengajar biologi di sekolah sekaligus perbaikan cara mengevaluasi sebagaimana yang dituntut oleh kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Melalui kegiatan piloting biologi di SMP Laboratorium UM telah diterapkan berbagai model pembelajaran salah satunya adalah pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) model learning cycle dari Charles R. Barman pada materi ekosistem. Prosedur pelaksanaan piloting terdiri dari 2 kegiatan yaitu 1) workshop untuk menyusun perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, skenario pembelajaran, LKS, panduan observasi dengan rubrik, alat evaluasi, dan jadwal piloting, 2) pendampingan pelaksanaan pembelajaran. Implementasi pembelajaran learning cycle pada materi ekosistem ini terdiri dari dua sub konsep yaitu, 1) sub konsep rantai dan jaring-jaring makanan pada pertemuan pertama, 2) sub konsep pola interaksi antar makhluk hidup pada pertemuan kedua. Learning cycle (Model Charles R. Barman) terdiri dari tiga fase yaitu fase eksplorasi (exploration phase), fase pengenalan konsep (concept introduction phase), dan fase penerapan konsep (concept application phase). Evaluasi yang dilakukan ada dua macam yaitu dengan panduan observasi untuk mengases aktivitas belajar siswa dan paper and pencil test untuk menilai pemahaman konsep. Melalui implementasi model learning cycle dari Charles R. Barman skor rata-rata kelas meningkat menjadi sebesar 83,19; pada pembelajaran sebelumnya yaitu pada materi pelestarian alam diperoleh skor rata-rata sebesar 77,09. Siswa yang mengalami ketuntasan (nilai ≥ 75) meningkat dari 27 siswa (64,28%) menjadi 33 siswa (78,57%). Kata-kata kunci: learning cycle, materi ekosistem

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: learning cycle, materi ekosistem
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional MIPA 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 03 Feb 2015 00:41
Last Modified: 05 Mar 2019 06:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11957

Actions (login required)

View Item View Item