PENINGKATAN KETERAMPILAN PIDATO PERSUASI DENGAN MEDIA BARANG PRODUK SISWA KELAS XII IPS MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Lu’lu’ul Husna, Asiyah (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN PIDATO PERSUASI DENGAN MEDIA BARANG PRODUK SISWA KELAS XII IPS MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Asiyah_L_H.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa terutama dalam pembelajaran pidato persuasi. Media barang produk ini dapat memacu keaktifan siswa dan mendorong siswa untuk berbicara dalam kegiatan berpidato persuasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pidato persuasi siswa kelas XII IPS Wahid Hasyim. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS MA Wahid Hasyim Sleman, yang berjumlah 26 siswa dan objek penelitian ini adalah keterampilan pidato persuasi. Prosedur pelaksanaan tindakan penelitian ada empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, tes, wawancara, catatan lapangan, dan alat perekam gambar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan ditentukan berdasarkan proses dan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media barang produk dapat meningkatkan keterampilan pidato persuasi siswa kelas XII MA Wahid Hasyim, baik secara proses maupun hasil. Secara proses, peningkatan tampak pada proses pembelajaran yang semakin baik dan menyenangkan. Siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Secara hasil, keterampilan pidato persuasi siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus. Keberhasilan ini, ditunjukkan setelah implementasi tindakan selama dua siklus, kemampuan rata-rata siswa dalam berpidato persuasi menjadi berkategori baik sekali. Hal ini berdasarkan hasil penilaian siswa dalam berpidato persuasi pada saat pratindakan dengan skor rata-rata 16,01 dan pada akhir pelaksanaan tindakan yakni siklus II menjadi 33,45. Kemampuan siswa dalam berpidato persuasi mengalami peningkatan sebesar 17,34. Secara keseluruhan pada akhir siklus II ini semua aspek kebahasaan dan nonkebahasaan penunjang keefektifan pidato persuasi mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:30
Last Modified: 31 Jan 2019 13:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item View Item