Pengembangan Model Pembelajaran Integratif Berbasis Aktivitas Jasmani untuk Siswa Taman Kanak-Kanak Kelompok B Kecamatan Kasihan Bantul

Gustian, Uray (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Integratif Berbasis Aktivitas Jasmani untuk Siswa Taman Kanak-Kanak Kelompok B Kecamatan Kasihan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-uray-gustian-12711251066.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran integratif berbasis aktivitas jasmani bagi siswa taman kanak-kanak kelompok B Kecamatan Kasihan Bantul yang dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk siswa taman kanak-kanak kelompok B di Kecamatan Kasihan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri atas dua tahapan yaitu tahap pra-pengembangan dan tahap pengembangan. Tahap pra-pengembangan terdiri dari kajian literatur, kajian penelitian relevan dan studi lapangan. Tahap pengembangan terdiri penyusunan draft model, validasi ahli, ujicoba terbatas, dan ujicoba luas. Validasi melibatkan 3 orang ahli dengan menggunakan teknik Delphi. Uji coba skala terbatas dilakukan terhadap 12 siswa kelompok B dan 2 orang guru di taman kanak-kanak Pedagogia FIP UNY. Uji coba skala luas dilakukan terhadap dua kelas yang masing-masing terdiri dari 21 dan 18 orang siswa kelompok B dan 4 orang guru di taman kanak-kanak Pertiwi 56 Tamantirto. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman wawancara, catatan lapangan, angket, lembar observasi, dan rubrik penilaian. Anlisis data pada tahap pra-pengembangan menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif, sedangkan pada tahap pengembangan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berupa model pembelajaran integratif berbasis aktivitas jasmani untuk siswa taman kanak-kanak kelompok B Kecamatan Kasihan Bantul, yang terdiri dari 6 aktivitas jasmani, yaitu: (1) aktivitas anak cicak bermain angka, (2) aktivitas tebak gambar, (3) aktivitas tebak nama, (4) aktivitas kangguru berhitung, (5) aktivitas ular tangga, dan (6) aktivitas pertualangan angka. Model disusun dalam buku petunjuk dengan judul “model aktivitas jasmani untuk siswa taman kanak-kanak kelompok B. Berdasarkan penilaian para ahli, isi materi sangat baik, bahasa sangat baik, dan format penulisan baik. Pada uji skala terbatas secara substansi dan pelaksanaan tergolong baik. Pada ujicoba skala luas aspek substansi dan pelaksanaan tergolong sangat baik, sehingga dihasilkan model yang layak untuk digunakan. Hasil uji beda terhadap permerolehan hasil belajar siswa (rata-rata nilai pertemuan kedua lebih besar dari rata-rata nilai pertemuan pertama dan nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel), maka dapat disimpulkan model pembelajaran integratif berbasis aktivitas jasmani untuk siswa taman kanak-kanak kelompok B Kecamatan Kasihan Bantul efektif untuk meningkatkan pengetahuan (kognitif), keterampilan (motorik) dan sikap (afektif).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model, aktivittas jasmani, taman kanak-kanak
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:49
Last Modified: 08 May 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11949

Actions (login required)

View Item View Item