Perbedaan Pengaruh Latihan Plyometrics, Latihan Beban, dan Kombinasi Latihan Beban dan Plyometrics Terhadap Kecepatan dan Power Otot Tungkai (Atlet Binaan PASI Lampung)

Malik, Zakaria (2014) Perbedaan Pengaruh Latihan Plyometrics, Latihan Beban, dan Kombinasi Latihan Beban dan Plyometrics Terhadap Kecepatan dan Power Otot Tungkai (Atlet Binaan PASI Lampung). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zakaria-malik-08711251013.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan power dan kecepatan atlet binaan PASI Lampung masih rendah, metode latihan yang masih konvensional sehingga belum mampu meningkatkan kemampuan atlet tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah latihan plyometrics, beban, dan kombinasi dapat meningkatan power dan kecepatan atlet binaan PASI Lampung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan three group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah 24 atlet binaan PASI Lampung tahun 2012. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes standing broad jump untuk mengukur power dan lari 50 meter untuk mengukur kecepatan. Analisis data menggunakan MANOVA dibantu dengan program SPPS. Hasil penelitian menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada latihan plyometrics, latihan beban, dan latihan kombinasi terhadap peningkatan kecepatan dengan nilai F 329,49 dan p 0,000. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada latihan plyometrics, latihan beban, dan latihan kombinasi terhadap peningkatan power dengan nilai F 16,86 dan p 0,001. Hasil uji lanjut dengan LSD menunjukkan bahwa: 1) Latihan kombinasi lebih baik dari latihan plyometrics dan latihan beban terhadap kecepatan. 2) Latihan kombinasi lebih baik dari latihan plyometrics dan latihan beban terhadap power. 3) Tidak terdapat perbedaan latihan plyometrics dan latihan beban terhadap peningkatan kecepatan dan power. 4) Nilai mean kecepatan dari kelompok latihan plyometrics 6,35, latihan beban 6,32, latihan kombinasi 6,27. 5) Nilai mean power dari kelompok latihan plyometrics 2,51, latihan beban 2,47, latihan kombinasi 2,63. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa latihan kombinasi dapat meningkatkan power dan kecepatan lebih besar dari pada latihan plyometrics dan beban.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Latihan Plyometrics, Latihan Beban, Latihan Kombinasi, Peningkatan Power dan Kecepatan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:49
Last Modified: 08 May 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11948

Actions (login required)

View Item View Item