IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU BIOLOGI MELAKUKAN PEMBELAJARAN INOVATIF

Sumarna, (2006) IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU BIOLOGI MELAKUKAN PEMBELAJARAN INOVATIF. Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. ISSN 979-99314-1-X

[img]
Preview
Text
Makalah 1 Sumarna- biologi-MAN.pdf

Download (98kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Implementasi Lesson Study Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Biologi Melakukan Pembelajaran Inovatif. Makalah Seminar Nasional. Yogyakarta: Guru Biologi MAN Wonokromo Bantul, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manfaat pelaksanaan lesson study berbasis sekolah dalam rangka meningkatkan kemampuan guru biologi melakukan pembelajaran inovatif di MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif evaluatif terhadap pelaksanaan lesson study berbasis sekolah di MAN Wonokromo Bantul yang telah dilaksanakan selama tahun pelajaran 2005/2006 dan efeknya terhadap peningkatan kemampuan guru biologi dalam melakukan pembelajaran yang inovatif. Model evaluasi menggunakan CIPP (Contex, Input, Procces, dan Product) dari Stufflebeam, dan ditekankan pada evaluasi proses dan produknya. Subyek yang diteliti adalah guru-guru biologi MAN Wonokromo yang telah secara suka rela melaksanakan lesson study secara bergantian. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara dan dokumen lembar pengamatan hasil lesson study, dan dinanalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan lesson study berbasis sekolah membawa manfaat diantaranya : (1).guru biologi menjadi termotivasi dan bangkit untuk membuat inovasi dalam pembelajarannya sehingga tercipta pembelajaran yang aktif, komunikatif dan menyenangkan. Motivasi guru ini tumbuh karena adanya kerjasama yang positif, akademis, sinergis, dan kolaboratif diantara guru dalam kelompok MGMP sekolah. (2). adanya persiapan pembelajaran yang lebih baik dari guru biologi baik persiapan mental, administrasi, dan penguasaan materi pembelajaran. (3). Guru biologi menjadi terdorong untuk belajar lebih banyak dalam hal materi, pemilihan strategi dan penggunaan model pembelajaran yang tepat demi kesuksesan pembelajarannya. (4). Guru biologi menjadi lebih terbuka untuk menerima kritik dan masukan guna penyempurnaan pembelajarannya lebih lanjut. (5). Membangkitkan ide-ide baru bagi guru penampil maupun pengamat untuk menemukan cara terbaik dalam mengelola proses pembelajaran. (6). Mengetahui seberapa efektif dan efisien suatu tampilan pembelajaran berdasarkan strategi dan metode pembelajaran yang telah direncanakan. (7). Keaktifan siswa dalam belajar biologi selama pelaksanaan lesson studiy menjadi lebih baik. Kata kunci: Lesson Study Berbasis Sekolah, Pembelajaran Inovatif

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lesson Study Berbasis Sekolah, Pembelajaran Inovatif
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional MIPA 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Jan 2015 02:57
Last Modified: 27 Jan 2015 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11946

Actions (login required)

View Item View Item