KREATIFITAS GURU DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN AKTIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL

Sumarna, and M., Wilfan Pribadi and Hibana, (2006) KREATIFITAS GURU DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN AKTIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL. Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. ISSN 979-99314-1-X

[img]
Preview
Text
makalah 2 sumarna-biologi-MAN.pdf

Download (101kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Sumarna, M.Wilfan Pribadi, Hibana Yusuf. Kreatifitas Guru Dalam Mewujudkan Pembelajaran Aktif Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional. Makalah seminar nasional. Yogyakarta: Tim Guru IPA MAN Wonokromo Bantul, 2006. Kajian ini bertujuan untuk menemukan berbagai bentuk kreativitas guru dalam mewujudkan pembelajaran aktif dan kaitannya dengan peningkatan profesionalisme guru. Kajian ini bersifat kualitatif yang disusun secara induktif berdasarkan hasil analisis pengalaman dilapangan dan telaah terhadap berbagai literatur yang relevan, kemudian didiskusikan secara mendalam. Tahap kajian ditempuh melalui telaah literature, presentasi hasil telaah, dan diskusi kelompok guru sehingga diperoleh kesimpulan akhir. Hasil kajian ditemukan bahwa cakupan pengembangan kreativitas guru dalam mewujudkan pembelajaran aktif meliputi 1). Perencanaan pembelajaran yang terdiri dari pemilihan strategi, metode, penggunaan model dan media pembelajaran, lebih efektif melalui perencanaan bersama dalam satu rumpun bidang studi 2). Proses pembelajaran aktif dapat terwujud dengan performan (tampilan) guru yang aktif yang mampu merekayasa dan memberikan pengalaman belajar sesuai dengan karakteristik pebelajar dan subject matter yang harus dikuasai. 3). Proses pelaksanaan pembelajaran aktif terwujud dengan adanya kesadaran guru tentang makna dan hakekat belajar; adanya pembelajaran yang berpusat pada pebelajar; prinsip belajar dengan mengalami; mengembangkan keterampilan sosial, kognitif, dan emosional; mengembangkan keingintahuan, imajinasi, dan fitrah berTuhan serta adanya perpaduan kemandirian dan kerjasama dari pebelajar. Kata kunci : Kreativitas guru, Pembelajaran Aktif, Kompetensi Profesional

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kreativitas guru, Pembelajaran Aktif, Kompetensi Profesional
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional MIPA 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Jan 2015 01:09
Last Modified: 27 Jan 2015 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11943

Actions (login required)

View Item View Item