IMPLEMENTASI LESSON STUDY DI SMAN 2 MALANG DALAM RANGKA KEGIATAN FOLLOW UP IMSTEP JICA FMIPA UM

Siti, Zubaidah and Ruchimah, Achmad (2006) IMPLEMENTASI LESSON STUDY DI SMAN 2 MALANG DALAM RANGKA KEGIATAN FOLLOW UP IMSTEP JICA FMIPA UM. Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. ISSN 979-99314-1-X

[img]
Preview
Text
makalah_Siti_Zubaidah Bio UM.pdf

Download (160kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Lesson Study merupakan kegiatan peningkatan pembelajaran yang pada awalnya dikembangkan di Jepang, dan saat ini dikembangkan di beberapa daerah di Indonesia. Pada makalah ini dipaparkan kegiatan Lesson Study yang dilakukan di SMAN 2 Malang – Jawa Timur, yang merupakan kegiatan follow up IMSTEP JICA FMIPA UM. Kegiatan ini didasarkan atas tahapan Lesson Study yaitu plan – do – see yang dilakukan secara bersama-sama antara dosen Tim Piloting Biologi UM, para guru sekolah mitra, dan guru-guru yang tergabung dalam MGMP MIPA Kota Malang. Sebelum pelaksanaan Lesson Study, dilakukan kegiatan untuk memberikan pemahaman dan penyamaan konsep tentang apa, mengapa dan bagaimana Lesson Study melalui kegiatan workshop. Tahap plan (perencanaan) dilakukan dengan penetapan agenda kegiatan, penentuan konsep yang akan disajikan, sekolah dan kelas yang akan digunakan, metode pembelajaran yang akan diterapkan, cara evaluasi, jenis data dan cara pengumpulan datanya. Dilakukan pula penyusunan perangkat pembelajaran, penetapan cara dan fokus observasi, penentuan alat bantu observasi dan penetapan cara refleksi. Tahap do merupakan implementasi rancangan pembelajaran yang direncanakan pada tahap plan oleh seorang guru di sekolah yang ditetapkan. Tahap see dilakukan dengan mengamati proses pembelajaran, yang dilanjutkan dengan refleksi dan diskusi atas berbagai hal yang diobservasi selama pembelajaran. Hasil Lesson Study yang ditinjau dari berbagai aspek seperti dari lembar motivasi siswa selama pembelajaran, lembar observasi unsur dasar pembelajaran kooperatif, lembar observasi terhadap kegiatan guru, angket respon siswa terhadap Lesson Study, hasil evaluasi belajar, hasil refleksi, evaluasi dan diskusi, menunjukkan hasil yang cukup baik dan menggembirakan. Nampaknya Lesson Study sangat berpotensi untuk dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran, meskipun terdapat banyak hal yang perlu dicermati untuk dapat diterapkan secara kontinyu dan meluas. Kata Kunci: Lesson Study, pembelajaran, biologi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lesson Study, pembelajaran, biologi
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional MIPA 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 03 Feb 2015 00:41
Last Modified: 05 Mar 2019 04:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11942

Actions (login required)

View Item View Item