Bambang, Subali (2006) KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DAN TANTANGANNYA. Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. ISSN 979-99314-1-X
|
Text
Makalah-Bambang Subali-Bio.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Tulisan ini mengetengahkan peluang terimplementasikannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sejalan dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2004 tentang pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Hal ini menjadi sangat penting untuk dikaji mengingat banyak tantangan yang dihadapi di lapangan. Dari analisis SWOT dapat dikenali bahwa KTSP akan dapat terimplementasi dengan baik manakala dari implementasinya memperhatikan persyaratan yuridis formal, memperhatikan potensi yang dimiliki oleh setiap satuan pendidikan, harus tersosialisasikan dengan baik, dan setiap komponen satuan pendidikan menyadari tanggungjawabnya sesuai dengan tugas dan fungsi yang diemban. Kata Kunci: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, implementasi kurikulum, Kurikulum berbasis kompetensi
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, implementasi kurikulum, Kurikulum berbasis kompetensi |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional MIPA 2006 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 27 Jan 2015 00:56 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 04:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11941 |
Actions (login required)
View Item |