KARAKTERISTIK SOAL UJIAN AKHIR MADRASAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ARI WAHYUNINGSIH, - (2012) KARAKTERISTIK SOAL UJIAN AKHIR MADRASAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ari_Wahyuningsih.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik soal Ujian Akhir Madrasah mata pelajaran Bahasa Indonesia MAN Kabupaten Sleman tahun pelajaran 2010/2011. Karakteristik soal dilihat dari segi validitas soal, realibilitas soal, dan analisis butir soal yang berupa indeks kesulitan, indeks daya beda, dan keefektifan distraktor. Sesuai dengan tujuan penelitian, desain penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi yang dilakukan di lingkup MAN di Kabupaten Sleman. Objek penelitian ini adalah lembar soal, kunci jawaban, kisi-kisi soal, dan lembar jawaban siswa. Lembar jawaban siswa berjumlah 423 lembar. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dengan bantuan expert judgement bertujuan untuk mengetahui validitas soal. Analisis kuantitatif dilakukan dengan bantuan komputer program microCat iteman untuk mengetahui reliabilitas soal dan analisis butir soal yang berupa indeks kesulitan, indeks daya beda, dan keefektifan distraktor. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil: (1) soal Ujian Akhir Madrasah (UMAD) mata pelajaran Bahasa Indonesia memiliki validitas soal sangat baik, kesesuaian antara soal dan kisi-kisi sebesar 95%, (2) reliabilitas soal tergolong sedang, dengan koefisien alpha sebesar 0,641, (3) indeks kesulitan butir soal tergolong kurang baik karena sebanyak 32 butir soal (74%) memiliki indeks kesulitan tidak baik. Dari 50 butir soal, terdapat 2 butir soal (4%) berkategori sulit, 13 butir soal (26%) berkategori sedang, dan 35 butir soal (70%) berkategori mudah. Indeks kesulitan rerata (Mean P) juga kurang baik yaitu 0,765, (4) secara keseluruhan, indeks daya beda butir soal tergolong sangat baik karena 98% butir soal memiliki indeks daya beda baik dan 2% butir soal memiliki indeks daya beda tidak baik. Indeks daya beda ini diabaikan karena sekolah sudah menggunakan kurikulum KTSP, dan (5) keefektifan distraktor tergolong kurang baik karena sebagian besar butir soal memiliki distraktor yang tidak berfungsi efektif, yaitu sebesar 45 butir soal (90%). Dengan demikian, kualitas soal Ujian Akhir Madrasah mata pelajaran Bahasa Indonesia belum mampu mengukur secara tepat hasil belajar siswa, sehingga perlu adanya upaya perbaikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: admin fbs
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 28 Jun 2012 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1194

Actions (login required)

View Item View Item