Pengembangan Model Latihan Karate Kids pada Anak Usia Sekolah Dasar Kelas Atas (10-12 Tahun

Srianto, Widha (2014) Pengembangan Model Latihan Karate Kids pada Anak Usia Sekolah Dasar Kelas Atas (10-12 Tahun. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-widha-srianto-12711251022.swf

Download (5MB)

Abstract

Kurangnya variasi model latihan yang menyenangkan dan aktif bergerak menjadi permasalahan awal dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model latihan karate kids pada anak usia sekolah dasar (SD) kelas atas (10-12 tahun). Model latihan karate kids yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh pelatih karate sebagai salah satu bentuk model latihan yang baik dan efektif. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap anak-anak yang mengikuti latihan karate di klub Forki Kota Yogyakarta yang memiliki kriteria anak usia SD kelas atas (10-12 tahun) berjumlah 7 anak. Uji coba skala besar dilakukan terhadap anak-anak yang mengikuti latihan karate di klub Inkanas DIY yang memiliki kriteria anak usia SD kelas atas (10-12 tahun) berjumlah 16 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi model, (4) pedoman observasi keefektifan model, dan (5) kuesioner untuk siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model latihan karate kids pada anak usia SD kelas atas (10-12 tahun) yaitu: (1) model latihan maegeri, (2) model latihan gyaku tsuki, (3) model latihan mawashigeri, dan (4) model latihan oi tsuki. Dari hasil analisis data penilaian para ahli materi dan kuesioner anak, dapat ditarik kesimpulan bahwa model latihan karate kids pada anak usia SD kelas atas (10-12 tahun) ini dinilai baik dan efektif, dan respon anak-anak yang menjadi sampel memberikan respon yang positif, sehingga model pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model latihan, karate kids
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:49
Last Modified: 08 May 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11939

Actions (login required)

View Item View Item