Pengaruh Metode Uchikomi dan Flexibility terhadap Hasil Bantingan Pada Pejudo D.I. Yogyakarta (Studi Eksperimen dengan Metode Uchikomi Menggunakan Karet Ban Sepeda dan Uchikomi Jalan Pada Mahasiswa UKM Judo Universitas Negeri Yogyakarta dan Club Judo Sleman)

Suwarli, Suwarli (2014) Pengaruh Metode Uchikomi dan Flexibility terhadap Hasil Bantingan Pada Pejudo D.I. Yogyakarta (Studi Eksperimen dengan Metode Uchikomi Menggunakan Karet Ban Sepeda dan Uchikomi Jalan Pada Mahasiswa UKM Judo Universitas Negeri Yogyakarta dan Club Judo Sleman). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suwarli-12711251065.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara metode uchikomi dengan menggunakan karet ban sepeda dan uchikomi jalan terhadap hasil bantingan judo, (2) perbedaan hasil bantingan antara pejudo yang memiliki flexibility tinggi dan flexibility rendah, dan (3) interaksi antara metode uchikomi dan flexibility terhadap hasil bantingan judo. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah pejudo D.I. Yogyakarta (UKM Judo UNY dan Club Judo Sleman) yang berjumlah 44 pejudo.Sampel penelitian ini 24 pejudo yang diambil dengan teknik Purposive Rondom Sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari tiga variabel: variabel independent yakni metode uchikomi (uchikomi dengan karet ban sepeda dan uchikomi jalan), variabel atribut yakni flexibility serta variabel dependent yakni hasil bantingan judo. Seluruh data penelitian ini diperoleh melalui tes dan pengukuran terhadap flexibility dengan menggunakan tes sit and reach serta hasil bantingan judo dengan Randori (dipertandingkan) selama tiga menit. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (ANAVA) dua jalur yang dilanjutkan dengan uji rentang Newman Keuls pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan uchikomi dengan menggunakan karet ban sepeda dan uchikomi jalan terhadap hasil bantingan judo, terbukti dari nilai p = 0.040 < 0.05, (2) ada perbedaan yang signifikan hasil bantingan judo antara pejudo yang memiliki flexibility tinggi dan flexibility rendah, terbukti dari nilai p = 0.000 < 0.05, dan (3) ada interaksi antara metode uchikomi dan flexibility terhadap hasil bantingan judo, terbukti dari nilai p = 0.000 < 0.05. Kelompok pejudo yang memiliki flexibility tinggi lebih tepat jika dilatih dengan uchikomi menggunakan karet ban sepeda, sedangkan kelompok pejudo yang memiliki flexibility rendah lebih baik jika dilatih dengan metode uchikomi jalan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Metode latihan uchikomi, flexibility, judo, hasil bantingan judo
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:49
Last Modified: 08 May 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11935

Actions (login required)

View Item View Item