Pengaruh Metode Latihan dan Persepsi Kinestetik terhadap Keterampilan Groundstrokes dalam Permainan Tenis Lapangan pada Siswa SD

Suryono, Suryono (2014) Pengaruh Metode Latihan dan Persepsi Kinestetik terhadap Keterampilan Groundstrokes dalam Permainan Tenis Lapangan pada Siswa SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suryono-12711251006.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara metode demonstrasi dan audio visual terhadap keterampilan groundstrokes, (2) pengaruh keterampilan groundstrokes antara siswa yang memiliki persepsi kinestetik tinggi dan persepsi kinestetik rendah, dan (3) interaksi antara metode latihan dan persepsi kinestetik terhadap keterampilan groundstrokes. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2, menggunakan tes awal dan tes akhir dengan dua kelompok yang diberi perlakuan berbeda. Populasi penelitian adalah siswa SD Negeri Petinggen Yogyakarta dan SD Negeri Terbansari 1 Yogyakarta yang berjumlah 75 siswa. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes persepsi kinestetik dan tes keterampilan groundstrokes. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes persepsi kinestetik dan groundstrokes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Varian (ANAVA) dua jalur yang dilanjutkan dengan uji rentang Newman Keuls pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode demonstrasi dan audio visual terhadap keterampilan groundstrokes tenis lapangan, terbukti dari nilai p = 0.000< 0.05, (2) ada perbedaan keterampilan groundstrokes tenis lapangan antara siswa yang memiliki persepsi kinestetik tinggi dan persepsi kinestetik rendah, terbukti dari nilai p = 0.021< 0.05, dan (3) ada interaksi antara metode latihan dan persepsi kinestetik terhadap hasil groundstrokes tenis lapangan, terbukti dari nilai p = 0.000< 0.05. Siswa yang memiliki persepsi kinestetik tinggi lebih tepat jika dilatih dengan metode audio visual, sedangkan siswa yang memiliki persepsi kinestetik rendah lebih baik jika dilatih dengan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: demonstrasi, audio visual, persepsi kinestetik, groundstrokes tenis lapangan
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:49
Last Modified: 08 May 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11934

Actions (login required)

View Item View Item