Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jangkit Peserta Didik Kelas XI AK 4 SMK Negeri 2 Purworejo, melalui Metode Lompat Ritmik

Sugiyanto, Sugiyanto (2014) Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jangkit Peserta Didik Kelas XI AK 4 SMK Negeri 2 Purworejo, melalui Metode Lompat Ritmik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sugiyanto-12711251024.swf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui metode lompat berirama (lompat ritmik) dapat meningkatkan hasil belajar lompat jangkit, dan (2) mencari bukti-bukti bahwa metode lompat ritmik dapat meningkatkan hasil belajar lompat jangkit peserta didik kelas XI AK. 4 (akuntansi 4) SMK Negeri 2 Purworejo. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 31 peserta didik kelas XI AK 4 SMK Negeri 2 Purworejo semester kedua tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian terdiri atas tiga siklus, yang masing-masing terdiri dari tiga kali, dua kali, dan dua kali pertemuan. Proses pembelajaran menggunakan alat/media berupa bilah bambu dan kardus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan penilaian hasil belajar aspek spiritual, aspek sosial, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Selain itu juga menggunakan instrumen berupa catatan wawancara, lembar observasi aktivitas peserta didik, aktivitas guru dan keefektifan penggunaan alat/media. Instrumen penelitian divalidasi oleh seorang ahli materi dan seorang ahli pembelajaran. Pengambilan data dilakukan oleh dua orang kolaborator dan seorang kameramen dengan handycam. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan mengkomparasikan data siklus I dengan siklus-siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode lompat ritmik meningkatkan hasil belajar lompat jangkit peserta didik kelas XI AK 4 SMK Negeri 2 Purworejo. Pada akhir siklus ketiga dicapai rata-rata nilai aspek spiritual sebesar 83,85, aspek sosial sebesar 96,00, aspek pengetahuan sebesar 70,484 dan aspek keterampilan sebesar 95,17. Peningkatan dampak penyerta berupa peningkatan aktivitas peserta didik, guru, dan keefektifan penggunaan alat

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode lompat ritmik (berirama), lompat jangkit
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:49
Last Modified: 08 May 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11933

Actions (login required)

View Item View Item