Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Komputer Untuk SMA

Cahyati, Suci (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Komputer Untuk SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suci-cahyati-12711251054.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa CD pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis komputer untuk SMA yang valid dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan software Adobe Flash Cs3 Professional. Media yang dikembangkan memuat materi tentang bahaya, penularan, dan cara pencegahan HIV/AIDS. Penelitian ini mencakup dua tahapan yaitu tahap validasi ahli dan tahap uji coba. Validasi ahli melalui dua tahapan yakni validasi ahli materi dan validasi ahli media menggunakan instrumen angket. Jumlah ahli materi terdiri dari dua ahli, sedangkan untuk validasi media satu ahli. Uji coba terdiri dari tiga tahapan yaitu uji coba lapangan awal menggunakan intrumen angket, uji coba lapangan utama menggunakan instrumen tes, dan uji operasional menggunakan instrumen angket. Jumlah subjek untuk uji coba lapangan awal 15 siswa, untuk uji coba lapangan utama 30 siswa, dan uji operasional 55 siswa. Uji coba ini melibatkan seluruh SMA Negeri yang ada di daerah Yogyakarta yang berjumlah 11 SMA. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk hasil validasi ahli materi termasuk “Sangat baik” dengan rerata 4,69 dan hasil validasi ahli media termasuk “Baik” dengan rerata 4,02 Kualitas produk hasil uji coba lapangan awal termasuk “Baik” dengan rerata 3,87. Berdasarkan hasil analisis data validasi ahli materi, ahli media, uji coba lapangan awal, dapat disimpulkan bahwa produk termasuk “Baik” dengan rerata skor 4,19. Selanjutnya dilakukan uji efektifitas produk melalui uji coba lapangan utama. Hasil uji coba lapangan utama menunjukkan rerata skor pretest 5,53 dan rerata skor posttest 7,56. Berdasarkan hasil tes skor data hasil uji coba lapangan utama, skor siswa mengalami peningkatan dengan selisih skor 2,01 hal ini menunjukan produk efektif digunakan dalam pembelajaran. Untuk mengetahui kualitas produk yang telah valid dan efektif dilakukan uji operasional. Hasil penelitian menunjukkan produk termasuk “Sangat baik” dengan rerata skor 4,25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan telah valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran di SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Penjasorkes, SMA
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:49
Last Modified: 08 May 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11931

Actions (login required)

View Item View Item