PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X 6 SMA NEGERI 1 IMOGIRI, BANTUL

Ari Nur Sholekah, - (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X 6 SMA NEGERI 1 IMOGIRI, BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ari_Nur_Sholekah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran keterampilan bercerita dengan menggunakan teknik peta konsep pada siswa kelas X6 SMAN 1 Imogiri dan mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran keterampilan bercerita yang dicapai siswa kelas X6 SMAN 1 Imogiri, Bantul setelah diterapkan teknik peta konsep. Pemilihan teknik peta konsep karena, memudahkan siswa menggali ide-ide, ide menjadi terstruktur, dapat memetakan pikiran sehingga saat menyampaikan cerita, ide dapat terstruktur, jelas dan mudah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Alur penelitian meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 6 SMAN 1 Imogiri yang terdiri dari 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, angket, lembar pengamatan, rekaman kegiatan, dan tes bercerita. Instrumen dalam penelitian berupa pedoman wawancara, angket, lembar observasi, catatan lapangan, lembar penliaian bercerita. Adapun data penelitian ini meliputi data proses dan dan hasil. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas data. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan teknik peta konsep dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas X 6 SMAN 1 Imogiri, Bantul. Peningkatan proses pembelajaran meningkat, terlihat dari siswa yang lebih aktif bertanya, menjawab pertanyaan guru dan memberikan penilaian terhadap teman. Siswa lebih konsentrasi terhadap pembelajaran, siswa lebih antusias dan berminat saat mengikuti pelajaran. Keberanian siswa lebih meningkat saat bercerita. Peningkatan juga terjadi pada produkp pembelajaran, yang dapat dilihat dari perolehan rata-rata skor siswa. Rata-rata skor siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Keterampilan bercerita siswa sebelum dikenai tindakan berkategori kurang. Namun, setelah diberi tindakan, skor rata-rata bercerita siswa kategori cukup dan baik. Peningkatan skor rata-rata tersebut dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata siswa dari pratindakan hingga siklus II (pascatindakan). Skor rata-rata siswa pada tahap pratindakan sebesar 20,33 atau 58,09%, skor rata-rata siklus I sebesar 23,24 atau 66,41% sedangkan iklus II skor rata-rata diperoleh 25,06 atau 74,45%. Kenaikan skor rata-rata keterampilan bercerita dari tahap pratindakan hingga siklus II (pascatindakan) sebesar 5,69 atau 16,36%. Dengan demikian, pembelajaran keterampilan bercerita siswa kelas X 6 SMAN 1 Imogiri, Bantul telah mengalami peningkatan, baik secara proses maupun produk setelah diberi tindakan menggunakan teknik peta konsep.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:28
Last Modified: 31 Jan 2019 13:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1193

Actions (login required)

View Item View Item