Pengaruh Metode Pembelajaran Drill dan Metode Pembelajaran Bermain serta Kelincahan terhadap Kemampuan Belajar Passing dalam Permainan Bola Voli

Samsudin, Samsudin (2014) Pengaruh Metode Pembelajaran Drill dan Metode Pembelajaran Bermain serta Kelincahan terhadap Kemampuan Belajar Passing dalam Permainan Bola Voli. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-samsudin-11711251017.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh metode pembelajaran drill dan metode pembelajaran bermain terhadap peningkatan kemampuan belajar passing dalam permainan bola voli, (2) perbedaan peningkatan kemampuan passing bola voli antara metode pembelajaran drill siswa yang memiliki kelincahan tinggi dengan metode pembelajaran bermain siswa yang memiliki kelincahan tinggi, (3) perbedaan peningkatan kemampuan passing bola voli antara metode pembelajaran drill siswa yang memiliki kelincahan rendah dan metode pembelajaran bermain siswa yang memiliki kelincahan rendah, dan (4) interaksi antara metode pembelajaran dan kelincahan terhadap kemampuan passing bola voli. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri I Ngaglik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli sebanyak 38 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kelincahan dan tes kemampuan passing. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis varians (ANAVA) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran drill dan metode pembelajaran bermain terhadap kemampuan belajar passing bola voli yang dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar 0,003 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,003<0,05), (2) ada perbedaan peningkatan kemampuan passing bola voli antara metode pembelajaran drill siswa yang memiliki kelincahan tinggi dengan metode pembelajaran bermain siswa yang memiliki kelincahan tinggi yang dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000<0,05), (3) ada perbedaan peningkatan kemampuan passing bola voli antara metode pembelajaran drill siswa yang memiliki kelincahan rendah dengan metode pembelajaran bermain siswa yang memiliki kelincahan rendah yang dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000<0,05). Dapat disimpulkan bahwa, kemampuan passing siswa yang memiliki kelincahan rendah dengan metode pembelajaran drill lebih baik dibandingkan kemampuan passing siswa yang memiliki kelincahan rendah dengan metode pembelajaran bermain, (4) ada interaksi antara metode pembelajaran dan kelincahan terhadap kemampuan passing bola voli yang dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar 0,049 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,049<0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran drill, metode pembelajaran bermain, kelincahan, kemampuan belajar passing, bola voli
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:49
Last Modified: 08 May 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11929

Actions (login required)

View Item View Item