Pengaruh Latihan Imagery dan Koordinasi terhadap Keterampilan Forehand Drive Petenis Pemula (Studi Eksperimen dengan Latihan Imagery Menggunakan Script dan video Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Rekreasi FIK UNY)

Nurfadhila, Risti (2014) Pengaruh Latihan Imagery dan Koordinasi terhadap Keterampilan Forehand Drive Petenis Pemula (Studi Eksperimen dengan Latihan Imagery Menggunakan Script dan video Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Rekreasi FIK UNY). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-risti-nurfadhila-12711251060.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara latihan imagery dengan menggunakan script dan video terhadap keterampilan forehand drive petenis pemula, (2) perbedaan keterampilan forehand drive antara petenis pemula yang memiliki koordinasi tinggi dan koordinasi rendah, (3) interaksi antara latihan imagery dan koordinasi terhadap keterampilan forehand drive petenis pemula. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah petenis pemula mahasiswa PJKR FIK Universitas Negeri Yogyakarta yang mengambil mata kuliah olahraga pilihan tenis berjumlah 60 orang. Sampel penelitian 32 orang yang diambil dengan teknik Purposive Random Sampling. Variabel penelitian terdiri dari tiga variabel: variabel independent yakni latihan imagery (script dan video imagery), variabel atribut yakni koordinasi serta variabel dependent yakni keterampilan forehand drive. Seluruh data penelitian diperoleh melalui tes dan pengukuran terhadap koordinasi dengan menggunakan tes koordinasi mata-tangan serta keterampilan forehand drive dengan Hewitt Tennis Test. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (ANAVA) dua jalur yang dilanjutkan dengan uji pairwise comparisons pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan imagery dengan menggunakan script dan video terhadap keterampilan forehand drive, terbukti dari nilai p = 0.025 < 0.05. (2) ada perbedaan keterampilan forehand drive antara petenis pemula yang memiliki koordinasi tinggi dan koordinasi rendah, terbukti dari nilai p = 0.030 < 0.05. (3) ada interaksi antara latihan imagery dan koordinasi terhadap keterampilan forehand drive petenis pemula, terbukti dari nilai p = 0.000 < 0.05. Kelompok petenis pemula yang memiliki koordinasi tinggi lebih tepat jika dilatih dengan script imagery, sedangkan kelompok petenis pemula yang

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Latihan imagery, koordinasi, tenis, keterampilan forehand drive
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:48
Last Modified: 08 May 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11928

Actions (login required)

View Item View Item