Pengaruh Latihan Mental dan Keyakinan Diri Terhadap Keberhasilan Tendangan Penalti Pemain Sepakbola Klub PS Gama Yogyakarta

Mardhika, Riga (2014) Pengaruh Latihan Mental dan Keyakinan Diri Terhadap Keberhasilan Tendangan Penalti Pemain Sepakbola Klub PS Gama Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riga-mardhika-12711251058.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode latihan imajeri dan metode latihan konsentrasi terhadap keberhasilan tendangan penalti pemain sepakbola, (2) pengaruh keyakinan diri tinggi dan keyakinan diri rendah terhadap keberhasilan tendangan penalti pemain sepakbola, (3) interaksi antara metode latihan mental dan keyakinan diri terhadap keberhasilan tendangan penalti pemain sepakbola. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2, dengan tes awal dan tes akhir pada empat kelompok yang diberi perlakuan dua metode. Populasi penelitian adalah pemain sepakbola klub PS Gama dengan jumlah keseluruhan 58 atlet. Instrumen yang digunakan adalah tes keyakinan diri, untuk mengukur tingkat keyakinan diri pemain sepakbola dengan validitas sebesar 0,932 dan reliabilitas sebesar 0,959. Instrumen untuk mengukur keberhasilan tendangan penalti atlet menggunakan modifikasi penalty precision test dengan validitas sebesar 0,871 dan reliabilitas sebesar 0,882. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (ANAVA) dua jalur yang dilanjutkan dengan uji rentang Newman Keuls pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh antara metode latihan imajeri dan metode latihan konsentrasi terhadap keberhasilan tendangan penalti, terbukti dari nilai p = 0,002 < 0.05, (2) ada perbedaan pengaruh antara pemain sepakbola yang mempunyai keyakinan diri tinggi dan keyakinan diri rendah terhadap keberhasilan tendangan penalti, terbukti dari nilai p = 0,012 < 0,05, (3) ada interaksi antara metode latihan mental dan keyakinan diri terhadap keberhasilan tendangan penalti, terbukti dari nilai p = 0,004 < 0,05. Kelompok pemain sepakbola yang mempunyai keyakinan diri tinggi lebih tepat dilatih dengan metode latihan konsentrasi, sedangkan kelompok atlet sepakbola yang mempunyai keyakinan diri rendah lebih tepat dilatih dengan metode imajeri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Imajeri, konsentrasi, keyakinan diri, penalti dalam sepakbola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Jan 2015 07:54
Last Modified: 08 May 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11927

Actions (login required)

View Item View Item