Drajat, Pramiadi and Yoni, Suryani and Astuti (2006) PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH BIOKIMIA MELALUI PELAKSANAAN SISTEM SKS SEUTUHNYA. Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. ISSN 979-99314-1-X
|
Text
Makalah Drajat Pramiadi dkk UNY.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Tujuan utama pada penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran Matakuliah Biokimia (Bio 3212) melalui pelaksanaan Sistem SKS seutuhnya. Metodologi yang diterapkan pada proses pembelajaran Biokimia adalah perkuliahan dilaksanakan 2 x 50 menit/minggu/semester, sedang praktikum 1x100 menit/minggu/semester dengan bentuk kegiatan yaitu pemberian tugas tentang: struktur kimia, penggolongan, fungsi biologi dan metabolisme yang meliputi materi protein, karbohidrat, lipid, asam nukleat, enzim dan ko-enzim. Mahasiswa yang dijadikan sampel adalah semua mahasiswa angkatan 1998 Program Studi Biologi sejumlah 35 orang. Nilai akhir ditentukan dengan cara: 2 x T + 1 x P. 3 Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Prodi Biologi Angkatan 1998 bertambahnya jumlah mahasiswa yang mendapat nilai A (25,71 %), B (4,99 %), dan mengurangnya jumlah mahasiswa yang mendapat nilai C (15,43 %), D (15,73 %), dibandingkan dengan mahasiswa Prodi Biologi Angkatan ’97. Kata kunci : pembelajaran, Biokimia, sistem SKS seutuhnya
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, Biokimia, sistem SKS seutuhnya |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional MIPA 2006 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 23 Jan 2015 02:06 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 04:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11922 |
Actions (login required)
View Item |