SUATU CONTOH IMPLEMENTASI PORTOFOLIO SEBAGAI ASESMEN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR

Susriyati, Manahal (2006) SUATU CONTOH IMPLEMENTASI PORTOFOLIO SEBAGAI ASESMEN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR. Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. ISSN 979-99314-1-X

[img]
Preview
Text
Makalah 1 Susriati Bio UM.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Pembelajaran sains di Sekolah Dasar maupun Madrasah Ibtidaiyah melalui kurikulum berbasis kompetensi (KBK) diharapkan mampu mengembangkan kecakapan hidup siswa. Implementasi KBK memerlukan asesmen yang melibatkan siswa di dalam tugas-tugas autentik yang bermanfaat, penting, dan bermakna. Asesmen yang demikian adalah asesmen autentik. Asesmen autentik yaitu asesmen yang mengukur kemampuan siswa yang sesungguhnya, yang mencakup aspek-aspek yang luas seperti keseharian siswa. Portofolio adalah asesmen autentik berupa kumpulan pekerjaan siswa yang representative menunjukkan perkembangan kemampuan siswa dari waktu ke waktu. Melalui bukti belajar yang terkumpul dalam dokumen portofolio guru dapat menilai perkembangan pemahaman siswa pada konsep-konsep sains. Portofolio sebagai asesmen autentik telah diimplementasikan penulis pada pembelajaran sains di SD dan MI. Tujuan yang ingin dicapai dalam implementasi tersebut adalah siswa menguasai beberapa kompetensi dasar tertentu seperti yang dirumuskan dalam kurikulum sains SD/MI. Berdasarkan pengalaman penulis mengimplementasikan portofolio di SD dan MI disarankan seorang guru tidak perlu ragu- ragu menerapkan asesmen portofolio dalam pembelajarannya dan menggunakan nilai akhir portofolio (NAP) sebagai nilai rapor, mengingat NAP sudah mencerminkan hasil belajar berupa ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik. Selanjutnya guru tidak perlu memisahkan antara nilai tes (ranah kognitif), nilai praktikum (ranah psikomotorik), dan ranah afektif. Kendala yang dihadapi dalam implementasi tersebut yaitu memakan waktu dan tenaga, dan sebagai alat penilaian sulit membandingkan portofolio satu dengan lainnya. Kata-kata kunci: portofolio, asesmen autentik, mata pelajaran sains

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: portofolio, asesmen autentik, mata pelajaran sains
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional MIPA 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 23 Jan 2015 00:57
Last Modified: 23 Jan 2015 00:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11917

Actions (login required)

View Item View Item