Mae, ramona mathias (2014) Pengembangan Model Tarian Bonet untuk Kebugaran Jasmani dalam Pembelajaran Penjasorkes di sekolah dasar. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-ramona-mathias-mae-12711251048.swf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model tarian bonet untuk kebugaran jasmani dalam pembelajaran Penjasorkes di SD yang layak digunakan guru SD sebagai salah satu bentuk model pembelajaran Penjasorkes yang bervariasi dan menyenangkan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 20 siswa SD Inpres Oebe Soe. Uji coba skala besar dilakukan terhadap 25 siswa SD Inpres Oefatu Soe. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu; (1) angket, (2) lembar pedoman observasi tarian bonet, dan (3) lembar format penilaian anak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan senam tarian bonet untuk kebugaran jasmani dalam pembelajaran Penjasorkes di SD. Produk penelitian pengembangan berupa buku pedoman senam tarian bonet dan DVD pembelajaran senam tarian bonet untuk kebugaran jasmani dalam pembelajaran Penjasorkes di SD. Dari hasil penilaian para ahli, dapat ditarik kesimpulan bahwa model tarian bonet untuk kebugaran jasmani yang dibuat layak digunakan untuk pembelajaran Penjasorkes di SD.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, tarian bonet, kebugaran jasmani, sekolah dasar |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 23 Jan 2015 13:51 |
Last Modified: | 08 May 2019 15:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11916 |
Actions (login required)
View Item |