Pengembangan Pembelajaran Fisiologi Tumbuhan Lanjut dengan Pendekatan Konstruktivistik untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa

Suyitno, AL. and Ratnawati and Budiwati and Djukri and Sudarsono (2006) Pengembangan Pembelajaran Fisiologi Tumbuhan Lanjut dengan Pendekatan Konstruktivistik untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa. Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. ISSN 979-99314-1-X

[img]
Preview
Text
Makalah Suyitno UNY.pdf

Download (135kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Tujuan kegiatan lesson study yang dilakukan dengan PTK ini adalah untuk meningkatkan kualitas belajar mahasiswa pada pembelajaran Fisiologi Tumbuhan Lanjut (FTL), melalui pembelajaran konstruktivistik disertai dengan pengembangan media program slide. Kualitas belajar dilihat dari tingkat keterlibatan dalam kegiatan perkuliahan dan hasil belajarnya. Hipotesis tindakannya adalah melalui pembelajran konstruktivistik dan dengan media yang lebih memadahi, keterlibatan dan hasil belajar mahasiswa dapat ditingkatkan. Kelas sasaran PTK ini adalah mahasiswa Prodi Biologi semester 4 angkatan 2004/2005, sebanyak 36 orang. Kegiatan ini dilakukan pada 2 topik dalam dua siklus tindakan, masing- masing diselesaikan dalam 2 pertemuan. Topik terpilih adalah (1) Sistem transportasi zat dan (2) Interaksi hara dengan tanaman. Kegiatan berorioentasi pada kegiatan pemecahan masalah dalam kegiatan kelompok dan diskusi kelas. Kualitas keterlibatan atau aktivitas mahasiswa dilihat berdasarkan hasil observasi observer dan tanggapan para mahasiswa. Untuk merunut perolehan konsepnya dilakukan pre test dan post test. Berdasar hasil pengamatan observer dan tanggapan mahasiswa, peran dan usaha dosen dipandang sudah cukup baik. Di samping itu, tingkat keterlibatan mahasiswa juga sudah cukup baik. Kondisi pembelajaran yang dibangun juga cukup membantu penguasaan konsep dasar oleh para mahasiswa, dengan rerata gain score (selisih post dan pre test) mencapai sekitar 19 – 21 point dari rentang nilai 100.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional MIPA 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 23 Jan 2015 00:48
Last Modified: 05 Mar 2019 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11911

Actions (login required)

View Item View Item