PEMANFAATAN “COMBINE MEDIA” DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Surachman, and Suyitno, AL. (2006) PEMANFAATAN “COMBINE MEDIA” DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. ISSN 979-99314-1-X

[img]
Preview
Text
Makalah Surachman 1 UNY.pdf

Download (111kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk ; (1) menemukan jenis-jenis media pembelajaran biologi yang sering digunakan dalam pembelajaran biologi di SMA, (2) mengungkap latar belakang upaya guru dalam memanfaatkan variasi media (combine media ) pembelajaran biologi SMA, kaitannya dengan karakteristik konsep biologi yang diajarkan, (3) mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan media belajar biologi, dan (4) mengidentifikasi macam-macam media belajar biologi yang tersedia di sekolah dan keseuaiannya dengan tuntutan kurikulum. Penelitian dilakukan di 15 SMA Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan mengambil sampel 3 SMA negeri di tiap Kabupaten / Kotamadya secara bersyarat. Pengumpulan data dilakukan dengan angket yang ditujukan kepada guru biologi SMA sebagai responden. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : 9!) Terdapat beragam jenis media pembelajaran biologi yang digunakan di SMA. Penggunaan media pembelajaran dikemas dalam bentuk kombinasi media sesuai kebutuhan siswa, sifat metri dan tuntutan kurikulum. Namun demikian tidak ditemukan penggunaan jenis media elektronik (AVA). (2) Latar belakang pemanfaatan media pembelajaran oleh guru cukup beragam, tetapi masih dalam batas-batas kewajaran menurut sifat materi dan tuntutan kurikulum. (3) Kendala utama yang dihadapi guru dalam menggunakan media pembelajaran adalah kurang menguasai teknik penggunaan media elektronik dan penerapannya dalam strategi pembelajaran. (4) Media yang paling sering digunakan dalam pembelajaran adalah charta, model, LKS, buku penunjang, buku teks, objek segar dan lingkungan sekitar. Kata kunci : Combine media, Biologi SMA, D.I. Yogyakarta.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Combine media, Biologi SMA, D.I. Yogyakarta.
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional MIPA 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 23 Jan 2015 00:44
Last Modified: 23 Jan 2015 00:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11909

Actions (login required)

View Item View Item