Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Kasar Siswa TK Kelompok A

Pranoto, Nuridin Widya (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Kasar Siswa TK Kelompok A. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nuridin-widya-pranoto-12711251064.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran motorik kasar siswa TK kelompok A yang telah disesuaikan dengan kurikulum dan karakteristik siswa TK kelompok A, diharapkan dapat dipergunakan guru dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar siswa TK kelompok A. Penelitian ini terdiri dari sembilan langkah dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan menurut Sugiyono yang langkah-langkahnya terdiri dari (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, dan (9) revisi produk. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 20 siswa TK Happy Holy Kids Sleman, Yogyakarta. Uji coba skala besar dilakukan terhadap 15 siswa TK Harapan Sleman, Yogyakarta dan 20 siswa TK Sari Asih 1 Sleman, Yogyakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah petunjuk umum wawancara, catatan lapangan, lembar evaluasi, angket skala nilai validasi, rubrik penilaian siswa, pedoman observasi permainan, dan pedoman observasi keefektifan permainan. Hasil penelitian berupa model pembelajaran motorik kasar siswa TK kelompok A, yang terdiri dari 10 permainan, yaitu: (1) permainan tebak hewan, (2) permainan ular mencari makan, (3) permainan lari citah, (4) permainan mencari hewan, (5) permainan mengambil hewan, (6) permainan loncat kangguru, (7) permainan lompat bangau, (8) permainan lubang tikus, (9) permainan ikan sapu-sapu, dan (10) permainan undur-undur. Setiap permainan terdiri dari aktivitas pemanasan, inti, dan pendinginan. Model permainan disusun dalam bentuk buku pedoman dengan judul Permainan Motorik Kasar. Berdasarkan penilaian para ahli materi dan guru dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran motorik kasar siswa TK kelompok A yang dikembangkan efektif dan telah sesuai dengan kurikulum dan karakteristik anak TK kelompok A sehingga layak dipergunakan dalam pembelajaran motorik kasar siswa TK kelompok A.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model, pembelajaran, motorik kasar, TK kelompok A
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:57
Last Modified: 08 May 2019 15:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11904

Actions (login required)

View Item View Item