PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TOPOLOGI JARINGAN BERBASIS ANDROID DI SMK MA’ARIF 1 WATES

Ika, Sulastri (2014) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TOPOLOGI JARINGAN BERBASIS ANDROID DI SMK MA’ARIF 1 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui hasil pengembangan multimedia pembelajaran topologi jaringan berbasis Android di SMK Ma’arif 1 Wates, (2) mengetahui hasil analisis kelayakan pengembangan multimedia pembelajaran topologi jaringan berbasis Android di SMK Ma’arif 1 Wates, dan (3) mengetahui hasil belajar siswa sesudah menggunakan multimedia pembelajaran topologi jaringan berbasis Android di SMK Ma’arif 1 Wates. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Pengembangan dilakukan dengan tiga langkah pengembangan yang diadaptasi dari Alessi dan Trolip, yaitu (1) Perencanaan meliputi: mengidentifikasikan bidang/ruang lingkup batasan materi, mengidentifikasi karakteristik siswa, menentukan dan mengumpulkan sumber-sumber, (2) Desain meliputi: membuat flowchart dan storyboard, dan (3) Pengembangan meliputi: menyiapkan teks, menyiapkan materi-materi pendukung, menggabungkan bagian-bagian, membuat program, melakukan uji alpha, merevisi, melakukan uji beta, dan menguji coba program. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil belajar siswa ditentukan dengan menghitung ketuntasan hasil pre-test dan post-test melalui persentase siswa yang telah memperoleh nilai lebih dari 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil pengembangan multimedia pembelajaran topologi jaringan berupa aplikasi Android dengan format *.apk, (2) secara umum multimedia pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran dengan persentase kelayakan sebesar 83,57% dari ahli media, 81,84% dari ahli materi, serta 87,15% dari pengguna, dan (3) ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia topologi jaringan sangat baik, yaitu sebesar 93,33%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: pengembangan, multimedia pembelajaran, topologi jaringan, Android

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 22 Jan 2015 02:53
Last Modified: 29 Jan 2019 18:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11901

Actions (login required)

View Item View Item