PENGEMBANGAN MODUL DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL (DDTD) KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

M Firda, Husain (2014) PENGEMBANGAN MODUL DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL (DDTD) KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT & JOURNAL [PDF].pdf

Download (579kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Dasar-Dasar Teknik Digital Kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta, dan mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Four-D dari Thiagarajan dan Semmel yang dimodifikasi. Tahapan Four-D, yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Tahapan Disseminate tidak dilakukan karena lingkup penelitian yang sempit. Hasil penelitian diketahui bahwa: penilaian tingkat kelayakan modul oleh ahli materi dan ahli media masing-masing memperoleh tingkat kelayakan 79,41%, (sangat layak) dan 80,83% (sangat layak). Sedangkan penilaian oleh dua guru mata pelajaran secara keseluruhan memperoleh 84,87%, (sangat layak). Respon peserta didik terhadap tampilan modul sebesar 83,63% (sangat layak). Berdasar data tersebut dapat disimpulkan modul Dasar-Dasar Teknik Digital layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Kata kunci : modul pembelajaran, dasar-dasar digital.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 22 Jan 2015 02:43
Last Modified: 29 Jan 2019 18:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11899

Actions (login required)

View Item View Item