PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENERAPAN RUMUS LUAS BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS 5 BERBASIS ADOBE FLASH

Nugro N, Agung Pribadi (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENERAPAN RUMUS LUAS BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS 5 BERBASIS ADOBE FLASH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_NUGRO N AGUNG PRIBADI_10520244017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari pengembangan media pembelajaran dalam penerapan rumus luas bangun datar berbasis Adobe Flash, mengetahui kelayakan dari media pembelajaran, meningkatkan kualitas hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Kepurun, mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran dengan materi penerapan rumus luas bangun datar. Metode Penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Dimulai dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan pengujian. Pengujian dilakukan oleh expert judgment dan ahli materi. Setelah dinyatakan layak oleh ahli, kemudian media di uji pada siswa untuk mengetahui kelayakan media digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kepurun, Klaten dengan melibatkan 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Pada penelitian ini menghasilkan media dengan kelayakan pada ahli media yaitu 3,90 termasuk dalam kategori layak, pada ahli materi yaitu 4,11 termasuk dalam kategori layak, dan pada uji coba siswa yaitu 3,55 termasuk dalam kategori layak. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran penerapan rumus luas bangun datar untuk siswa kelas 5 SD berbasis Adobe Flash layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Kata kunci : Pengembangan, media pembelajaran, matematika, kelayakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 22 Jan 2015 01:54
Last Modified: 29 Jan 2019 18:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11894

Actions (login required)

View Item View Item