UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEAERNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER TERAPAN JARINGAN DI SMK N 1 NGAWEN

Damar Purba, Pamungkas (2015) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEAERNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER TERAPAN JARINGAN DI SMK N 1 NGAWEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran komputer terapan jaringan di SMK N 1 Ngawen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI TI B Semester Ganjil Tahun Akademik 2014/2015 dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan pada setiap akhir siklus dilakukan evaluasi hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini diawali dengan kegiatan observasi untuk mengetahui proses pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa sebelum dilakukan penerapan metode PBL. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dimulai dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan metode PBL, observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI TI B pada mata pelajaran komputer terapan jaringan di SMK N 1 Ngawen. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklusnya, dimana pada siklus I rata-rata persentase skor pencapaian aktivitas belajar siswa sebesar 83,33% dan pada siklus II meningkat menjadi 96,67%. Selain itu metode PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada pra-siklus rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 6,67%, pada siklus I rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 76,67% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,33%. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, komputer terapan jaringan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 22 Jan 2015 01:31
Last Modified: 29 Jan 2019 18:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11892

Actions (login required)

View Item View Item