Pengaruh Metode Latihan Drilldan Waktu Reaksi Terhadap Ketepatan Pukulan Drive dalam Permainan Tenis Meja Bagi Atlet Pemula Yogyakarta

Atmaja, nur moh kusuma (2014) Pengaruh Metode Latihan Drilldan Waktu Reaksi Terhadap Ketepatan Pukulan Drive dalam Permainan Tenis Meja Bagi Atlet Pemula Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nur-moh-kusuma-atmaja-12711251030.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh metode latihan drill umpan konstan dan metode latihan drill umpan berubah-ubah terhadap ketepatan pukulan drive tenis meja; (2) perbedaan ketepatan pukulan drive tenis meja antara atlet yang mempunyai waktu reaksi tinggi dan rendah; (3) pengaruh interaksi antara metode drilldan waktu reaksi terhadap ketepatan pukulan drive tenis meja. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh atlet pemula usia 8-12 tahun yang berjumlah 49. Sampel penelitian ini 28 atlet pemula yang diambil dengan teknik random sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari tiga variabel: variabel independent yakni metode latihan drill (drill umpan konstan dan drill umpan berubah-ubah), variabel atribut yakni waktu reaksi serta variabel dependent yakni hasil ketepatan pukulan drive tenis meja. Instrumen yang digunakan adalah Nelson hand reaction test untuk mengukur kemampuan waktu reaksi, dan tes kemampuan ketepatan drive tenis meja untuk mengetahui hasil ketepatan pukulan drive tenis meja. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (ANAVA) dua jalur yang dilanjutkan dengan uji Tukey dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Ada perbedaan pengaruh metode latihan drill umpan konstan dan metode drill umpan berubah-ubah terhadap ketepatan pukulan drive tenis meja atlet pemula Yogyakarta, dimana metode latihan drill umpan berubah-ubah lebih baik dari metode drill umpan konstan, terbukti dari nilai p = 0,048 < 0,05. (2) Ada perbedaan ketepatan pukulan drive tenis meja atlet yang mempunyai waktu reaksi tinggi dan rendah pada atlet pemula tenis meja Yogyakarta, dimana atlet yang memiliki waktu reaksi tinggi lebih baik dari atlet yang memiliki waktu reaksi rendah, terbukti dari nilai p = 0,004 < 0,05. (3) Ada pengaruh interaksi antara metode latihan drill dan waktu reaksi terhadap ketepatan pukulan drive tenis meja atlet pemula Yogyakarta, terbukti dari nilai p = 0,016 < 0,05. Kelompok atlet tenis meja yang memiliki waktu reaksi tinggi lebih tepat jika dilatihkan dengan metode latihan drill umpan berubah-ubah, sedangkan kelompok atlet tenis meja yang memiliki waktu reaksi rendah lebih baik jika dilatihkan dengan metode latihan drill umpan konstan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Metode latihan drill, waktu reaksi, tenis meja, ketepatan drive tenis meja
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jan 2015 13:51
Last Modified: 08 May 2019 15:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11888

Actions (login required)

View Item View Item