Pengembangan Model Permainan Bolatangan untuk Anak Usia Sekolah Dasar Kelas Atas

Abdurrochim, Muhamad (2014) Pengembangan Model Permainan Bolatangan untuk Anak Usia Sekolah Dasar Kelas Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhamad-abdurochim-12711251044.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan bolatangan untuk anak sekolah dasar kelas atas. Permainan yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh para guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan minat siswa terhadap permainan bolatangan. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah modifikasi permainan bolatangan untuk anak sekolah dasar kelas atas dikemas dalam bentuk CD dan buku panduan. Model ini dikembangkan berdasarkan kurikulum pendidikan jasmani di sekolah dasar, karakteristik pertumbuhan dan perkembangan anak, dan pola perkembangan bermain pada anak. Penelitian ini mencakup tiga tahapan yaitu tahapan validasi kesesuaian dan kualitas model oleh ahli materi bolatangan dan praktisi pendidikan jasmani di sekolah menggunakan instrumen angket, tahap uji coba skala kecil dengan subjek 23 siswa dari SD Negeri 1 Petir, dan tahap uji coba skala luas dengan subjek 98 siswa dari empat SD (SD Negeri 1 Petir, SD Negeri 2 Petir, SD Negeri Kembangsari dan MI Sananul Ula), yang kesemuanya berada di Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul. Data yang didapat digunakan sebagai pedoman bagi para ahli dan praktisi melakukan observasi terhadap kualitas permainan dalam uji coba di lapangan. Hasil observasi dan masukan para pakar dan guru pendidikan jasmani pada tahap ujicoba skala kecil dan skala besar dijadikan bahan masukan dan perbaikan dan penyempurnaan model. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para ahli dan guru menilai produk yang dihasilkan telah sesuai diterapkan di Sekolah Dasar kelas atas. Produk yang dihasilkan berupa buku dan CD. Hasil ini terlihat dari jawaban observer dengan 15 pertanyaan yang semuanya dijawab sesuai. Pandangan siswa terhadap permainan bola tangan yang dikembangkan dapat diketahui dari hasil pengisian kuesioner. Menurut siswa, 100% permainan dapat dilakukan, menyenangkan dan dapat membuat anak menjadi senang bergerak, 90,82% memberikan tanggapan bahwa permainan mudah dilakukan, 96,94% dapat memahami peraturan dengan baik, 93,88% siswa taat pada peraturan yang berlaku, 10,20% siswa mengalami kesulitan, 98,98% siswa merasa suka dengan peralatan yang digunakan, 95,92% dapat melakukan kerjasama, dan 6,74% merasa takut melakukan permainan yang diajarkan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bolatangan, Sekolah Dasar Kelas Atas
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 23 Jan 2015 13:51
Last Modified: 18 May 2016 03:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11885

Actions (login required)

View Item View Item