Model Pengenalan Permainan dalam Pembelajaran Lompat Jauh pada Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar

Setyawan, kurnia aziz (2014) Model Pengenalan Permainan dalam Pembelajaran Lompat Jauh pada Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kurnia-azis-setyawan-12711251035.swf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pengenalan pembelajaran lompat jauh pada siswa Sekolah Dasar kelas atas Tahun Pelajaran 2013/2014 di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Model pembelajaran yang dikembangkan diharapkan untuk digunakan guru SD sebagai salah satu bentuk pembelajaran lompat jauh yang baik dan efektif. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal (draf model), (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap siswa kelas 5 SD N Tegalrandu dan SD N Polengan, Kecamatan Srumbung yang berjumlah 31 siswa. Uji coba skala besar dilakukan terhadap siswa kelas 5 SD N Tegalrandu, SD N Polengan, SD N Pucanganom, SD N Pandanretno, SD N Soka 1 yang berjumlah 81 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu; (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi model pembelajaran, (4) pedoman observasi keefektifan model pembelajaran. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan pada hasil penelitian, maka dapat diambil suatu kesimpulan, yaitu dihasilkannya produk akhir berupa buku dan video model pengenalan dalam pembelajaran lompat jauh pada sekolah dasar kelas atas. Pada akhir tahap penelitian dapat ditarik pula kesimpulan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi cabang olahraga atletik dan guru Penjasorkes, produk akhir model pengenalan dalam pembelajaran lompat jauh pada kelas atas sekolah dasar, sudah sesuai dan layak untuk digunakan oleh guru Penjasorkes dalam mengajarkan materi lompat jauh kepada siswanya. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian ahli materi cabang olahraga atletik dan guru Penjasorkes bahwa model pengenalan dalam pembelajaran lompat jauh pada kelas atas sekolah dasar memiliki nilai rata-rata sebesar 98,1%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Permainan, model pengenalan pembelajaran lompat jauh
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jan 2015 13:51
Last Modified: 08 May 2019 15:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11883

Actions (login required)

View Item View Item