Wibawa, kadek ary (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Multilateral Melalui Permainan Bola Besar Untuk Anak SD Kelas Bawah. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-kadek-ary-wibawa-12711251034.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran gerak multilateral yang dibentuk melalui permainan bola besar dan layak digunakan. Melalui pengembangan model pembelajaran gerak multilateral yang dikembangkan diharapkan menjadi panduan guru SD dalam mengajar gerak multilateral anak serta menambah minat, bakat, serta motivasi anak dalam berolahraga. Penelitian ini dikembangkan melalui 9 tahapan dengan mengadaptasi penelitian dan pengembangan pendidikan model Gall, Gall, & Borg sebagai berikut: (1) menilai kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan, (2) melakukan analisis instruksional, (3) menganalisis peserta didik dan bahan materi, (4) menulis tujuan kinerja, (5) mengembangkan instrumen penilaian produk, (6) mengembangkan strategi instruksional, (7) mengembangkan dan memilih bahan instruksional, (8) desain produk dan melakukan evaluasi formatif terhadap instruksi, dan (9) merevisi instruksi. Uji coba dengan skala kecil dilakukan terhadap 24 orang siswa SD Mutiara Singaraja Bali. Uji coba dengan skala besar dilakukan terhadap 85 orang siswa yang berasal dari SDN 1 Singaraja Bali dan SDN 3 Singaraja Bali. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket skala nilai validasi, pedoman observasi model latihan permainan, dan pedoman observasi keefektifan model pembelajaran permainan. Hasil penelitian berupa pengembangan model pembelajaran gerak multilateral melalui permainan bola besar yang terdiri dari 9 permainan, yaitu: (1) permainan berburu bebek, (2) permainan bola pertemanan, (3) permainan bola zig-zag berlari, (4) permainan mengambil mutiara, (5) permainan bola berguling, (6) permainan bola tembak, (7) permainan bola raja, (8) permainan bola gawang, dan (9) permainan bola tepuk. pengembangan model latihan gerak multilateral melalui permainan bola besar disusun dalam buku pedoman pembelajaran dan CD dengan judul “Bola Multi Gerak”. Berdasarkan penilaian para ahli materi dan responden siswa dapat disimpulkan terjadi peningkatan minat, semangat, motivasi, dan para siswa terlihat untuk selalu ingin berolahraga.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model, pembelajaran, gerak multilateral, permainan, bola besar |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 23 Jan 2015 13:51 |
Last Modified: | 08 May 2019 15:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11881 |
Actions (login required)
View Item |